Friday, March 23, 2012

Tips Cara Mengobati Terkena Tomcat

Tips Cara Mengobati Terkena Racun Serangga Tomcat. Bagaimana cara yang benar apabila kita terkena racun (bukan tergigit) Tomcat..?

Akhir-akhir ini, di beberapa daerah dihebohkan dengan serangan serangga Tomcat. Sebenarnya, para petani sudah tidak asing dengan serangga yang satu ini karena banyak terdapat di ladang persawahan

Tomcat merupakan sejenis kumbang yang memiliki racun berupa cairan paederin di dalam perutnya. Racun kumbang ini dapat menyebabkan matinya sel kulit yang terkena cairan paederin ini.

Gambar Serangga Tocat

Efek dari racun paederin ini dapat menimbulkan rasa panas, nyeri ringan dan kadang diikuti rasa gatal-gatal. Setelah 12 jam kulit yang terkena racun akan mati dan akan timbul gelembung berisi nanah

Inilah Tips Cara Mengobati Terkena Racun (Bukan Tergigit) Serangga Tomcat :

  1. Untuk pertolongan pertama jika kulit terkena racun Tomcat, cuci kulit dengan sabun dan alirkan air..!. Kalau air tidak ada gunakan air liur kita, karena air liur mengandung basa meskipun tidak terlalu tinggi seperti sabun
  2. Selain menggunakan sabun, luka akibat racun Tomcat juga dapat dikompres menggunakan air dingin atau es. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran racun melalui pembuluh darah. Teorinya dalam keadaan dingin pembuluh darah akan menyempit sehingga akan memperlambat penyebaran racun.
  3. Jika terkena cairan Tomcat, maka kulit yang terkena juga tidak boleh digosok, karena akan mempercepat penyebaran racun ke anggota tubuh lainnya.
  4. Jika kulit ditempeli Tomcat, jangan memecahkannya atau mematikannya di atas kulit, tetapi dibuang menggunakan kertas atau ditiup sampai Tomcat itu pergi. Karena yang berbahaya itu bukan gigitannya melainkan cairan di tubuhnya.
  5. Kalau Tomcat itu pecah di lantai, segera bersihkan agar tidak mengenai anggota keluarga yang lain, karena racun tomcat paederin ini menguapnya lama.
  6. Untuk luka ringan akibat paederin, korban bisa mengoleskan salep jenis steroid (mereknya macam-macam). Salep jenis ini bisa dibeli di dapatkan di puskesmas atau apotek.
  7. Untuk penanggulangan, pakai salep jenis steroid. Kalau yang sudah jadi bisul pakai salep yang mengandung antibiotik tapi jangan terlalu banyak. Oleskan tipis saja, kalau terlalu tebal tidak baik untuk kulit.

Lalu bagaimana jika di tempat kita terdapat banyak serangga Tomcat...?

  1. Oleh karena serangga ini sebagai penyeimbang kehidupan lingkungan, sebaiknya serangga jangan dimatikan, akan tetapi lebih baik dilepas lagi diladang persawahan.
  2. Tomcat biasanya menyenangi cahaya, kalau pada sore atau malam hari sudah banyak berkumpul Tomcat, masukkan kedalam plastik dengan bantuan sarung tangan karet atau plastik, lalu buang di ladang persawahan
  3. Dapat dilakukan dengan penyemprotan dengan pestisida nabati. Pestisida nabati dapat dibuat dari daun sirsak yang dicampur dengan detergen dan direndam selama 24 jam. Kemudian cairan tersebut nantinya disemprotkan di wilayah atau dinding yang ditempeli Tomcat.
  4. Penyemprotan terhadap Tomcat akan lebih efektif dilakukan pada sore hari. Hal itu agar pestisida tidak mudah menguap dan bisa langsung membunuh Tomcat. Karena jika dilakukan pada siang atau pagi hari, maka pestisida yang disemprotkan akan mudah menguap sehingga kurang efektif untuk membunuh Tomcat

Posting Tips Cara Mengobati Terkena Racun Serangga Tomcat, Diambil dari beberapa sumber..

0 comments:

Post a Comment