Sunday, March 11, 2012

Minum Susu Sejak Dini Ketika Tua Pun Otak Masih Encer

Kepikunan atau demensia merupakan penyakit lupa-lupa ingat. Keadaan demikian disebabkan berkurangnya nutrisi dan lemak dan sirkulasi darah kurang lancar ke area otak dan diperparah oleh bertambahnya usia. Atau istilah kerennya pikun yaitu proses kemunduran sel-sel otak yang makin lama makin parah.
Tiga ciri-ciri penderita penyakit pikun yaitu: 
  1. Adanya kemunduran kecerdasan atau intelektualnya.
  2. Kemunduran tersebut bersifat perlahan-lahan yang semakin memburuk. Jadi orang yang mendadak kehilangan fungsi intelektual, misalnya sesudah mengalami geger otak, atau infeksi otak, tidaklah termasuk dalam kategori pikun.
  3. Kemunduran intelektual tersebut disebabkan oleh gangguan-gangguan pada otak, apapun sebabnya.
Menjaga kemampuan mental agar tetap berkapasitas yaitu  minum susu dan menyantap makanan berbahan susu. Sebuah studi menemukan susu menjadi bagian penting untuk membentuk dan mempertahankan otak yang sehat. 
Lewat sebuah studi, peneliti AS dan Australia menyimpulkan bahwa orang yang secara teratur minum susu atau mengasup makanan olahan susu seperti keju, dan yogurt memiliki kemampuan melewati tes mental lebih baik daripada mereka yang jarang atau tidak pernah minum susu.
Lemak yang bermanfaat berupa lemak omega 3 ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak dan susu. Studi yang dipublikasikan di Neurology, jurnal yang diterbitkan American Academy of Neurology, mengukur kadar lemak yang berbeda-beda dalam darah. Mereka juga menanyakan asupan makan harian responden.
Studi membuktikan, fungsi otak memerlukan asupan lemak baik agar mampu bekerja lebih baik. Otak terdiri dari 60 persen lemak. Sel-sel otak yang terisolasi dengan selubung mielin terdiri dari 75 persen lemak. Lemak mielin perlu diganti terus-menerus.
Pikun yang sulit disembuhkan, disebabkan oleh proses kemunduran sel-sel otak yang makin lama makin parah. Sampai kini ilmu pengetahuan belum mampu menjawab dengan pasti, kenapa sel-sel otak itu mundur. Sel yang tadinya segar bugar, dengan perlahan menjadi layu dan akhirnya mati. Istilah ilmiahnya, sel-sel itu mengalami degenerasi. Padahal, sekali sel otak mati tidak akan tumbuh sel penggantinya.
Intinya untuk dapat terhindar dari kepikunanm, ada baiknya lakukan hal-hal berikut : 
Bercintalah di klaim dapat memperbaiki kepikunan, pria yang bercinta setidaknya dua kali seminggu adalah 50 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung daripada mereka yang berhubungan seks lebih jarang, kata para ilmuwan. Hal ini penting karena semakin banyak bukti mendukung fakta sederhana: Apa yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak.
Beri nutrisi otak, Otak tersusun atas 80 persen air, dan jika tidak terhidrasi, neuron Anda tidak dapat melakukan dengan baik. Minum delapan gelas air sehari dan hindari alkohol yang berlebihan dan kafein.
Hindari Stres juga dapat menjadikan seseorang mudah mengalami kepikunan
Minum Susu dan makanan olahan dari bahan susu, sebagaimana telah di bahas di atas
Rajin membaca, seperti, buku membaca Al quran dan buku pengetahuan lainnya.
Olah raga, olah raga terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

0 comments:

Post a Comment