Saturday, March 24, 2012

Indahnya Pohon Cemara di Pekarangan Rumah

Pohon Keabdian, Cemara Menjulang Tinggi

Pohon cemara di kalangan umat kristen dianggap sebagai pohon kekal, sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara selalu hijau daunnya.

Selain tumbuh di hutan, cemara kini menjadi tanaman hias. Bentuk cemara yang sangat artistik untuk penataan sebuah taman. Dibentuk sedemikian rupa dalam gaya seni jepang yang bernama bonsai. Jenis cemara asli Indonesia untuk dibuat bonsai yang paling bagus adalah cemara udang, berasal dari daerah Madura, Jawa Timur.

Penggunaan pohon cemara sebagai pohon kekal atau pohon natal merupakan tradisi Eropa, ekspresi sukacita yang dilambangkan dengan berbagai dekorasi itu berbeda-beda di setiap negara. Indonesia dan Filipina menjadi negara yang sangat terpengaruh tradisi Eropa itu sampai akhirnya para umat Kristen membeli pohon buatan tapi yang penting berbentuk cemara.

Kecuali India, ketika natal mereka menggunakan pohon pisang dan mangga. 

Bagus banget kalau pohon natal dijadikan tumbuhan hias dipekarangan rumah, memiliki dedaunan rimbung, menjulang tinggi membucit. Cara perawatannya pun tidak ribet, tidak bikin sampah daun. Bisa dtanam pada tanah merah. Buktinya gambar tersebut bisa tumbuh subur mengangkasa dipekarangan rumah.

0 comments:

Post a Comment