Saturday, March 31, 2012

Pengobtan Sinusitis

Ilustrasi gambar tentang SinusitisSekilas Mengenal Mengenai Sinusitis

Sinusitis berasal dari akar bahasa Latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris (terletak di pipi), sinus etmoidalis (kedua mata), sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).

Secara klinis sinusitis dibagi atas :

  1. Sinusitis akut
  2. Sinusitis subakut
  3. Sinusitis Kronis

Sedangkan berdasarkan penyebabnya sinusitis :

  1. Rhinogenik (penyebab kelainan atau masalah di hidung), Segala sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung dapat menyebabkan sinusitis
  2. Dentogenik/Odontogenik (penyebabnya kelainan gigi), yang sering menyebabkan sinusitis infeksi pada gigi geraham atas (pre molar dan molar) (sumber : id.wikipedia.com)


Pengobtan Sinusitis 

Sinusitis adalah peradangan sinus paranasal dan selaput lendir.  Ada berbagai jenis sinusitis yaitu: sinusitis frontal, sphenoiditis, sinusitis maksila dan ethmoiditis

Sinusitis maksila adalah jenis peradangan sinus yang paling umum  di alami orang dewasa.  Ini adalah peradangan pada sinus maksilaris. Bila Anda memiliki sinusitis, kondisi tubuh secara keseluruhan kita menjadi lemah, buruk dan tidak sehat, dan Anda akan mengalami sakit kepala dan kehilangan kemampuan untuk mencium dengan baik dan akan mulai mendengus. 

Ada berbagai jenis pengobatan untuk sinusitis.  Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perawatan ini. 

Konservatif. Perawatan ini dianggap sebagai prosedur tradisional untuk sinusitis maksila.  Perawatan ini melibatkan penggunaan semprotan, tetes, dekongestan dan antibiotik.  Hal ini juga bisa diarahkan untuk membuat konsetrasi lendir berkurang dan membersihkan rongga hidung dan sinus paranasal. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Iova Rumah Sakit dan Klinik, Amerika Serikat, hidung lavage adalah salah satu metode utama dalam mengobati nasofaring dan sinusitis maksila. Ini adalah prosedur sederhana namun sangat efektif yang dapat digunakan untuk sinusitis baik kronis dan akut. 

  • Dekongestan oral Counter - Ini bisa dalam bentuk cair atau tablet yang mengandung bahan aktif dari fenilefrin atau pseudoefedrin.  Perawatan ini bekerja sedikit lebih lambat dari semprotan hidung.  Efeknya dapat dicapai dalam waktu 30-60 menit. Namun, jika Anda menggunakannya terlalu lama, dapat menjadi kurang efektif.  Dekongestan oral dan hidung memiliki efek samping seperti insomnia, tekanan kecemasan, darah dan denyut jantung  meningkat, gugup, tremor, pandangan kabur, mulut kering dan sakit kepala sinus.  Hal ini juga dapat membawa Anda ke ketidakmampuan untuk buang air kecil.  Jika Anda akan mengambil jalan pengobatan ini untuk sinusitis Anda, pastikan Anda tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi, kecemasan, penyakit jantung, dan masalah kencing.  Juga, perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggabungkan dekongestan dengan obat resep atau obat-obatan lain karena dapat menyebabkan komplikasi berbahaya. 
  • Antibiotik - Ini adalah cara lain untuk mengobati sinusitis.  Hal ini dapat diambil secara intravena (IV), secara oral atau dengan menghirup melalui semprotan hidung.  Beralih ke jenis perawatan ini dapat mencegah atau membunuh pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi sinus.  Memilih perawatan ini adalah yang terbaik ketika gejala sinusitis Anda tidak menanggapi setiap pengobatan  Home remedies, atau jika Anda mengalami komplikasi dan gejala yang parah. 
  • Kortikosteroid oral - Perawatan ini dianjurkan oleh dokter jika Anda memiliki polip hidung. Prednisone adalah contoh kortikosteroid yang paling baik digunakan oleh pasien yang menderita sinusitis alergi jamur. 
  • Home remedies - Kadang-kadang Anda tidak perlu pengobatan agresif dengan sinusitis Anda.  Anda dapat memilih jenis perawatan seperti berikut: 
  1. Minum banyak air.  Ini akan membantu melumasi membran lendir.  Jus buah, teh jahe, teh panas dengan lemon dan madu adalah beberapa sampel. 
  2. Perbanyak istirahat untuk memudahkan setiap ketidaknyamanan yang Anda rasakan. 

2. Operasi - Kebanyakan pasien dengan sinusitis dapat diobati tanpa operasi.  Namun, beberapa resor untuk operasi karena ada halangan menuju ke drainase dari sinus.  Ada saat bahwa penyumbatan ini harus dihilangkan


Artikel ini terjemahkan dari situs  sinusitisinfection menggunakan translate google dan aku bukan seorang dokter. Tapi artikel ini dapat di share sebagai pengetahuan dalam ilmu kesehatan untuk mencegah penyakit. Berobat itu mahal harganya, menjaga kesehatan itu gratis harganya.

Bila anda mengakses blog ini dari komputer Dekstop dan bila ingin melihatnya dalam tampilan ponsel pintar KLIK DISINI

0 comments:

Post a Comment