Saturday, July 13, 2013

Para Astronom Menemukan Sebuah Planet Hujan Kaca

planet-biru
Ilustrasi bumi I foto  sci-news.com

Para ilmuwan di Universitas Oxford melaporkan bahwa mereka telah menemukan salah satu planet yang jauh dari alam semesta, yang memiliki warna biru, seperti Bumi, sebenarnya tidak tercakup oleh lautan, dan kemungkinan besar planet itu ada hujan kaca.

Dalam konstelasi Vulpecula dengan nama yang tidak biasa untuk jarak enam puluh tiga tahun cahaya dari Bumi, para ilmuwan menemukan sebuah planet yang tidak biasa, pada pandangan pertama, tampak lebih mirip dengan Bumi dalam penampilannya.

Dikutip dari BBC News, ilmuan menggunakan teleskop "Hubble", para ilmuwan telah mempelajari planet ini, planet ini beri nama HD 189733b. Warna biru menunjukkan adanya metana, CO2 dan karbon monoksida di planet tersebut. Naungan biasa planet biru terdapat partikel silikon hadir di permukaan.

Planet HD 189733b memiliki suhu di dalamnya lebih dari seribu derajat dan partikel silikon terlihat seperti  hujan kaca kecil dan tentunya planet ini tidak aman untuk mahkluk hidup.

Bahkan planet ini sering memuntahkan angin dan badai, meningkatkan suasana partikel mineral planet, sehingga planet ini cukup sering hujan kaca.

1 comments: