Thursday, March 22, 2012

Iklan dan Game Sumber Masalah Baterai Boros, Inilah Tips Hemat Baterai Ponsel

Smartphone berlayar sentuh dan lebar itu memang menyenangkan. Baterai boros memang masalah yang sampai saat ini menjadi masalah semua gadget smartphone, tidak terkecuali, seperti Blackberry, iPhone, nokia, samsung. Boros daya listrik baterai merupakan kelemahan sema produk, tidak hanya di smartphone tapi juga baterai laptop. 

Aplikasi pihak ketiga gratisan diklaim para peneliti bahwa sangat menguras daya tahan listrik baterai, di perparah ketika mengakses internet dan iklan muncul saat aplikasi atau game gratis dimainkan, seperti Angry Birds atau Facebook.

Hasil penelitian menyebutkan sejumlah aplikasi gratis dari pihak ketiga ternyata mengonsumsi lebih banyak daya dari baterai ponsel pintar. Para peneliti ini menggunakan alat khusus untuk mengawasi penggunaan energi di perangkat Android dan Windows Phone.

Munculnya iklan di aplikasi gratisan pada perangkat Android bagi sebagian orang tidak menjadi masalah serius. Namun, bagaimana jika iklan pada aplikasi gratisan itu membuat baterai smartphone atau tablet jadi boros

Hasilnya, 75% konsumsi energi untuk memberi daya pada iklan yang ada pada aplikasi gratis. Iklan butuh koneksi ke server dan mengirim informasi mengenai lokasi pengguna. Ini sangat menyedot energi.

Salah satu cara mengakali agar baterai perangkat Android tidak cepat habis, mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS ketika tidak sedang menggunakannya fitur-fitur tersebut.

Tips untuk hemat daya listrik baterai smartphone : 

  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi
  2. Matikan perangkat keras yang tidak digunakan lagi, seperti Wi-FI, bluetooth
  3. Ketika akses internet matikan gambar, aktifkan bila diperlukan
  4. Ketika menjelang tidur dan tidak ingin terganggu setting ponselnya ke mode offline.
  5. Ketika changer baterai, selalu awasi dan bila sudah penuh di cabut
  6. Matikan Live Wallpaper
  7. Matikan Fasilitas Getar di Ponsel Anda (saya tetap menggunakannya)
  8. Matikan nada dering, tapi sebaiknya disetting sekali dering
  9. Turunkan kecerahan layar ponsel
  10. Jangan keseringan jadikan ponsel sebagai modem komputer
Silahkan anda bereksprimen sendiri untuk mencegah baterai daya tahan baterai berkurang.

0 comments:

Post a Comment