Wednesday, May 15, 2013

Foto Matahari Meledak Kuat 3 Kali Dalam 24 Jam

tiga-ledakan-matahari

Gambar diatas menunjukan tiga ledakan matahari dalam 24 jam dengan detail jam dan tanggal ledakan, namun ledakan X 3.2 sebagai ledakan terdahsyat untuk tahun 2013 sejauh ini, melebihi kekuatan dua flare kelas X yang terjadi sebelumnya dalam periode 24-jam.

Badan antariksa AS telah merilis foto dan video ledakan matahari yang diambil pada tanggal 13-14 Mei 2013, saat terjadi ledakan terlihat mass ejections koroner atau fenomena lain dari matahari. Lihat di situs NASA Three X-class Flares in 24 Hours.

Menurut NASA, Matahari meledak kuat tiga kali dalam 24 jam, dari semua ledakan yang ketiga diklasifikasikan adalah ledakan paling terkuat. Ledakan ketiga ini oleh ilmuan NASA mengasumsikannya sebagai ledakan kelas super X untuk tahun 2013.

Solar flare atau semburan matahari, menurut NASA radiasi semburan terkuat dari matahari tidak dapat melewati atmosfer bumi secara fisik dapat mempengaruhi manusia di tanah, namun - ketika cukup kuat, radiasinya dapat mengpengaruhi GPS dan sinyal komunikasi dan menggangu sinyal radio.

ledakan-matahari-mei-2013

Mengutip dari id.wikipedia. Semburan matahari atau suar matahari (bahasa Inggris: solar flare) adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dapat melepaskan energi sebesar 6 × 1025 joule. Istilah ini juga digunakan untuk fenomena yang mirip di bintang lain.

Semburan matahari memengaruhi semua lapisan atmosfer Matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan semburan terjadi di wilayah aktif disekitar bintik matahari.

0 comments:

Post a Comment