Friday, May 17, 2013

Ditemukan Air Kuno Berusia 2,6 Milyar Tahun

air-kuno

Sekelompok ilmuwan dari Inggris dan Kanada telah menemukan di bawah tanah pada kedalaman sekitar 2,6 kilometer waduk terisolasi air, air ini diperkirakan berusia beberapa miliar tahun dan mengandung sejumlah besar komponen yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan.

Menurut para peneliti, Air ini dapat dianggap yang tertua di planet ini. Kemungkinan bahwa ada kehidupan di dalamnya. Penemuan ini memberikan harapan bahwa komposisi air bawah tanah seperti yang ada di kedalaman di Planet merah atau Mars.

Kedalaman sumur air sekitar 2,4 kilometer ini ditemukan oleh para peneliti dari University of Manchester, Manchester dan Universitas Lankstera, Toronto di salah satu provinsi Ontario di Kanada. Kandungan di dalam air, ternyata ada sejumlah besar gas-gas terlarut seperti hidrogen dan metana, serta isotop gas inert seperti helium, xenon, neon dan argon. Menurut perkiraan awal dari para ahli, usia spesies air di sekitarnya berusia sekitar 2,7 miliar tahun.

Para ahli dari University of Manchester memperkirakan usia air ini setidaknya 1,5 miliar tahun, dan mungkin lebih. Hal ini masih belum diketahui apakah ada tanda-tanda kehidupan. Ilmuwan Kanada akan segera mencari mengenai hal itu.

0 comments:

Post a Comment