Tuesday, May 14, 2013

Pilot Ke Toiled Balik Kokpit Terkunci, Pesawat Mendarat Darurat

pesawat-india

Cerita ini berbeda dengan insiden gara-gara Wanita bernyanyi lagu "I Will Always Love You" sebabkan Pesawat mendarat darurat di AS. Di India pilot ke toiled balik ruang kemudi terkunci, memaksa Co-pilot izin pesawat mendarat darurat.

Pesawat penerbangan AI 403 India semula terbang dari Delhi ke Bangalore di paksa mendarat darurat setelah pilot kembali dari toiled namun pintu kokpit sudah terkunci, walaupun Co-Pilot (pembantu pilot) dari dalam berusaha membuka pintu namun pintu tetap macet total.

Pada akhirnya Co-pilot mengambil alih meminta izin mengubah rute pesawat dan mendarat darurat di bandara Bhopal dan berhasil mendarat pada pukul 17.55."

Pintu kokpit akhirnya dibetulkan dan perjalanan dilanjutkan sekitar tiga jam kemudian.

Insiden terkuncinya pintu kokpit ini, menurut The Mumbai Mirror, terjadi ketika dua orang pilot beristirahat selama 40 menit di luar kokpit. Sebagai gantinya, maka dua pramugari diminta duduk di kursi kokpit, sementara pesawat terbang dengan kendali otomatis.

Salah satu dari pramugari secara tidak sengaja mematikan tombol pilot otomatis sehingga pilot segera mengakhiri istirahatnya untuk kembali ke kursinya. Namun, pintu kokpit justru terkunci.

Air India menyangkal laporan itu. Tapi, mereka mengaku bahwa dua pramugari berada terlalu lama di kokpit dan tombol autopilot untuk sementara tidak bisa berfungsi 'karena gangguan.'

Selain insiden itu, maskapai Air India saat ini juga sedang menggelar penyelidikan atas kasus yang berbeda, yaitu matinya sistem pilot otomatis Airbus 321 yang terbang dari Bangkok ke Delhi, 12 April lalu. (BBC dan Metronews)

0 comments:

Post a Comment