Sunday, May 12, 2013

Menjaga Persahabatan Memperkuat Kesehatan Fisik

Ajid dahlan dan Friends

Ilmuwan psikolog dari University of North Carolina, Amerika melakukan penelitian, tentang manfaat persahabatan, mereka menemukan bahwa persahabatan sejati  secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan.

Percobaan ilmiah dilakukan selama setengah bulan, dihadiri oleh 65 mahasiswa dan staf kampus.

Para relawan diminta selama tes untuk berpikir tentang diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai, mencoba mengingat hal-hal yang baik, menyenangkan dan positif. Pada saat yang sama, para peneliti mencatat perubahan irama jantung, untuk memeriksa keadaan saraf vagus, yang dalam tubuh manusia tergantung pada produksi hormon oksitosin.

Berdasarkan temuan ini, para peneliti mampu untuk sampai pada kesimpulan bahwa kesehatan dan kesejahteraan sebagai orang mungkin meningkat secara signifikan jika mereka secara teratur mengalami berbagai emosi positif.

Profesor psikologi Barbara Fredrickson, yang memimpin penelitian, membuat kesimpulan bahwa orang dapat mengubah kesehatan fisik mereka, "meningkatkan diet harian emosi positif mereka."  Menurut para ilmuwan, penemuan ini dapat membantu dalam memecahkan misteri lama, "pengalaman sebagai emosional dan sosial mempengaruhi kesehatan fisik."

Pada hakekatnya kita manusia adalah mahkluk sosial yang perlu support satu sama lain, menjaga persaudaraan atau bergaul dengan tetangga atau teman memang itu sangat baik untuk kesehatan dan rezeki, agama sudah mengajarkan hal itu. Kenapa ilmuan selalu bikin terobosan sering telat ya?, sepertinya mereka ini tidak mau menyentuh atau belajar dari kitab alqur’an. Bagaimana pendapat Anda?

0 comments:

Post a Comment