Sunday, May 12, 2013

Billboard Pintar Hasilkan 100 Liter Air Minum

billboard-air

Umumnya Billboard iklan atau papan reklame hanya menampilkan iklan tanpa membawa rasa manfaat besar untuk masyarakat di lingkungan Billboard iklan berada. Lain hal di negara Lima di ciptakan Billboard iklan pintar yang dapat menghasilkan air bersih untuk di minum oleh masyarakat.

Para peneliti di Peru bekerja sama dengan sebuah biro iklan untuk memberikan solusi yang layak untuk mengatasi masalah kekurangan air minum di negara Lima, kota kedua terbesar di dunia. Mereka menciptakan papan reklame atau billboard yang mampu menampung kelembaban udara menjadi air minum.

Terletak di ujung utara Atacama, gurun terkering di dunia, kota Lima dan desa-desa sekitarnya mendapatkan sekitar 0,51 inci air dari curah hujan per tahun. Untuk waktu yang lama, ibu kota telah lama tergantung pada drainase dari pegunungan Andes dan limpasan dari gletser meleleh untuk kebutuhan air minum, tetapi karena perubahan iklim, pasokan air dari kedua sumber ini menurun.

Dari 8,5 juta orang yang tinggal di Lima, 1,2 juta kekurangan air sepenuhnya dan harus menimba air dari sumur, yang diketahui tercemar, atau mengandalkan truk perusahaan air swasta yang datang tidak diatur. Menyadari adanya masalah mengerikan ini, Universitas Teknik dan Teknologi Lima mulai mencari cara untuk memecahkan masalah dan pada saat yang sama, menarik perhatian banyak pelamar tahun 2013. 

Terinspirasi oleh fakta bahwa kelembaban udara rata-rata di kota ini sekitar 83%, karena lokasinya di sepanjang Samudra Pasifik Selatan, UTEC bermitra dengan biro iklan Mayo DraftFCB untuk membuat eye-catching billboard yang menghasilkan air dari kelembaban udara.

Kreasi billboard pertama yang menghasilkan air dari kelembaban udara terdiri dari lima perangkat utama yang membentuk sebuah sistem reverse osmosis.  perangkat ini menangkap udara lembab, berjalan melalui filter udara ke kondensor, untuk menampung air, yang kemudian melewati filter karbon menjadi satu tangki holding pusat. 

cara-kerja-billboard-air

Semua orang yang lewat harus harus menghidupkan keran di dasar papan reklame dan mereka akan dihargai dengan air minum dingin. Menurut video promosi dirilis oleh Mayo, perangkat ini cerdik mampu memproduksi hingga 100 liter air minum per hari, dan dalam tiga bulan sejak diinstal, perangkat ini telah menyediakan penduduk Lima  air mencapai 9.450 liter. Terlepas dari fungsi dasar memberikan air minum di lingkungan yang keras, billboard unik yang dirancang untuk juga menginspirasi Peru muda untuk belajar teknik di UTEC.  Amazing.

Disadur dari : techland.time.com

0 comments:

Post a Comment