Saturday, August 4, 2012

Terungkap, Mengapa Wanita Hidup Lebih Lama Daripada Pria

orang tertua

Para ilmuwan telah menemukan respon biologis untuk teka-teki mengapa wanita hidup lebih lama daripada pria, itu terletak pada "Paket Energi" (power Pack) kecil dari sel-sel tubuh, yang memberikan mutasi DNA, lebih berbahaya bagi laki-laki dibandingkan perempuan. Laporan studi di inggris

Sel mitokondria mikroskopis bertanggung jawab untuk konversi makanan menjadi energi dan unik karena memiliki DNA mereka sendiri yang diwariskan hanya dari ibu, klaim peneliti

Studi ini menemukan bahwa mutasi sel mitokondria cenderung menghilang ketika mereka berbahaya bagi laki-laki, dan untuk perempuan sel ini tidak menghilang, jika mereka berbahaya bagi laki-laki ini adalah karena fakta bahwa proses seleksi alam hanya mempengaruhi para ibu. Karena mereka mengirimkan mitokondria ke anak-anak mereka.

Ilmu menambahkan : bahwa sel mitokondria Ini warisan dari ibu yang bisa menjelaskan mengapa wanita cenderung hidup lebih lama daripada laki-laki, karena setiap mutasi pada DNA mitokondria yang lebih mungkin merusak kesehatan laki-laki.

Wanita di semua negara maju, dan di banyak negara berkembang dengan fasilitas persalinan yang baik, rata-rata hidup lebih lama daripada pria, menunjukkan penjelasan biologis yang tak ada hubungannya dengan perbedaan budaya.

Panjang umur perempuan ini terbukti ketika Anda melihat rasio jenis kelamin antara orang yang berumur panjang atau lebih dari 100 tahun (centenarians), dimana perempuan melebihi jumlah laki-laki sekitar sembilan banding satu.  10 orang tertua di dunia yang lahir dengan cacatan sepenuhnya didokumentasikan adalah perempuan.

Beberapa ahli biologi telah menyatakan bahwa perbedaan gender dalam panjang umur mungkin ada hubungannya dengan wanita menopause, yang diduga telah berevolusi sehingga wanita yang lebih tua lebih sering dapat mengurus cucu mereka. 

Tapi penelitian ini tidak menjelaskan mengapa betina dari spesies lain yang tidak memiliki menopause juga cenderung hidup lebih lama daripada jantan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, dilakukan pada mitokondria dari lalat buah, di mana perempuan cenderung hidup lebih lama daripada pria.

Catatan terdokumentasi para perempuan yang berumur 100 tahun lebih (centenarians)

Jeanne Calment

Lahir: 21 Februari 1875

Meninggal: 4 Agustus 1997

Umur: 122 tahun, 164 hari

Negara: Prancis

Calment orang tertua yang pernah tinggal tiga tahun lebih lama dibandingkan saingan terdekatnya, Sarah Knauss kebangsaan Amerikat. rekor pria berumur panjang di pegang oleh Kristen Mortensen kebangsaan Amerika, hidup sampai 115 tahun. Calment berhenti merokok pada usia 119, dan bertemu Vincent Van Gogh saat remaja.

Maria Capovilla

Lahir: 14 September 1889

Meninggal: 27 Agustus 2006

Umur: 116 tahun, 347 hari

Negara: Ekuador

Orang tertua yang pernah hidup di tiga abad yang berbeda, Capovilla pernah merokok atau minum alkohol, meremajakan dirinya mengonnsumsi es krim atau kue di malam hari. Ditanya tentang perubahan dalam masyarakat selama hidupnya, dia tidak menyukai nya "fakta bahwa saat itu dapat diterima bagi wanita untuk mengejar laki-laki".

Besse Cooper

Lahir: 26 Agustus 1896

Umur: 115 tahun, 343 hari

Negara: Amerika

Orang tertua, Cooper lahir di Tennessee tetapi pindah ke Georgia untuk menjadi guru selama Perang Dunia Pertama. Rahasia untuk umur panjang, ia mengklaim, mengurus bisnis sendiri dan tidak makan "junk food". Pada ulang tahunnya yang ke-115 nya tahun lalu, putranya mengatakan dia menghabiskan 80 persen waktunya untuk tidur.

Sumber berita dikutip dari : independent.co.uk

Tapi menurut PBB, harapan orang hidup di dunia adalah 67,2 tahun (65 untuk pria dan 69,5 untuk perempuan). Gimana menurut Anda dengan penelitian mutasi DNA tersebut ?

0 comments:

Post a Comment