Friday, August 31, 2012

Pusat Kota Hongkong di Moncong Supervolcano

 kota hongkong
Kota Hongkong

Para ilmuwan telah menemukan sebuah gunung berapi kuno tepat di bawah kota Hong Kong. Mereka menemukan bahwa pusat bersejarah kota itu dibangun tepat di atas moncong Supervolcano, yang meletus terakhir 140 juta tahun yang lalu di Era Mesozoic. 

Supervolcano pada waktu meletus memuntahkan lebih 1300 kilometer kubik abu yang telah dingin dan berubah menjadi batu. Letusan ini diklaim peneliti yang menyebabkan beberapa bencana proporsi global.  Ahli geologi setempat percaya bahwa ini adalah apa yang menyebabkan kepunahan dinosaurus di wilayah tersebut. Selama jutaan tahun, gunung yang ada kawah, telah menghilang.  Namun, ada formasi geologi yang spesifik, mirip dengan kolom. Mereka ditemukan di pulau-pulau di dekat kota. 

"Ini adalah Supervolcano kuno pertama, ditemukan di sebelah tenggara Cina. Kami percaya bahwa itu akan segera membuka gunung berapi yang tersembunyi yang sama"- kata ahli geologi Roderick Sewell.

Menurut para ilmuwan, letusan Supervolcano terakhir terjadi di Selandia Baru sekitar 27 ribu tahun yang lalu. Hal ini menyebabkan pembentukan Danau Taupo.

0 comments:

Post a Comment