Wednesday, August 8, 2012

Orang Pertama ke Bulan, Menjalani Operasi Jantung

Neil Armstrong

Astronot, NASA, Neil Armstrong pertama kali menginjakkan kaki di tanah bulan, menjalani operasi jantung akibat aterosklerosis. Pembedahan arteri koroner pada jantung Armstrong di lakukan pada hari Selasa, 7 Agustus. Menurut istrinya, Carol, sudah mulai pulih dengan cepat setelah operasi dilakukan pada Selasa.

Neil Alden Armstrong lahir 5 Agustus 1930 di Wapakoneta, Ohio (AS). Sebelum bergabung dengan NASA, dia adalah seorang pilot militer, dan pernah berpartisipasi dalam Perang Korea 1950-1953, pewasatnya pernah ditembak jatuh.

Pada tahun 1956, Armstrong mulai bergabung di stasiun NASA di California yang ikut ambil bagian dalam uji coba pesawat luar angkasa.

Pada bulan Maret tahun 1966, Astronot legendaris 82 tahun ini pertama kali pergi ke ruang angkasa. Dia pernah memimpin 8 awak Gemini dalam penerbangan ini, menuju ke bulan namun mengalami kegagalan.

16 Juni 1969, Armstrong sebagai komandan pesawat Apollo-11 memulai penerbangan kedua ke bulan, yang menjadi bersejarah. 20 Juli 1969 astronot mendarat di bulan. Pada saat itu ia mengucapkan kalimat yang menjadi terkenal: ". Satu Langkah Kecil Bagi Seorang Manusia, Lompatan Besar Bagi Umat Manusia " Kisah Astronot berjalan di bulan disiarkan langsung di televisi.

Pada bulan Agustus 1974, Armstrong pensiun dari NASA dan masuk ke bisnis.

0 comments:

Post a Comment