Tuesday, August 28, 2012

Mengapa Tertawa Membunuh Rasa Sakit

gadis tertawa
Gadis Tertawa

Para ilmuwa menyarankan bahwa tertawa bisa melepaskan endorfin di otak yang mengaktifkan reseptor yang sama, seperti yang di aktifkan obat-obatan seperti heroin.

Para peneliti dari Oxford University melakukan serangkaian percobaan di laboratorium dan di festival Edinburskogom, kemampuan untuk mendeteksi tawa meredam rasa sakit.  Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa siaran komedi di rumah sakit mengurangi total konsumsi analgesik opioid.  Namun, tidak jelas apa alasan tertawa atau emosi positif. 
Puluhan peserta terkena berbagai tingkat rasa sakit, para peserta selama prosedur, dan mereka ditampilkan film komedi, termasuk kutipan dari "South Park" dan "The Simpsons", atau kutipan dari komedi stand-up.  Melihat video lucu menyebabkan ambang nyeri yang lebih tinggi.  Orang yang tertawa lebih, merasakan sakit berkurang setelah komedi berakhir. 
Kelompok lain ditampilkan film tidak lucu, tapi video yang bagus dari seri "Planet Bumi", tapi itu tidak mampu menghadapi rasa sakit. Sehingga tawa hanya dapat dianggap analgesik, bukan hanya emosi positif.Tawa kolektif juga bertindak lebih kuat dari pada tertawa saja. 
Dr Robin Dunbar berpikir produk evolusi tawa, membantu menghubungkan orang-orang dalam kelompok sosial, karena dengan cara ini orang dapat meningkatkan ambang nyeri dan merasa lebih baik ketika sakit.

0 comments:

Post a Comment