Friday, August 31, 2012

Gaya Hidup Sehat di Usia Tua Bertambah 5-6 Tahun

nenek sedang olahraga
Olahraga di usia tua

Gaya hidup sehat di usia tua bertambah sekitar lima tahun untuk perempuan dan enam laki-laki. Demikian ketetapan ilmuwan Swedia, yang karyanya diterbitkan dalam British Medical Journal.

Studi ini mencakup data 1.800 orang yang berusia 75 tahun dan mempelajari usia siapa yang lebih tua, diikuti selama 18 tahun (1987-2005). Menggunakan data pada usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, kebiasaan, lingkungan sosial dan jenis hiburan di waktu luang.

Selama periode ini, 92% dari peserta telah meninggal, dengan setengah dari mereka tinggal selama lebih dari 90 tahun. Rekor ini di pegang wanita dengan pendidikan tertinggi, yang menjalani hidup sehat, memiliki hubungan sosial yang kuat dan aktif di waktu luang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perokok menghabiskan satu tahun kurang dari non-perokok. Efek positif yang sama setelah berhenti merokok di usia tua.

Di antara jenis menghabiskan waktu aktivitas fisik memiliki dampak terbesar pada peningkatan harapan hidup. Rata-rata usia kematian bagi mereka yang rutin berenang, berjalan atau senam, dua tahun lebih lama daripada mereka yang tidak.

Akibatnya, orang dengan tingkat risiko rendah, dengan gaya hidup sehat dan berinteraksi dengan orang lain, hidup 5,4 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak. Bahkan setelah 85 tahun, memiliki penyakit kronis, orang tanpa kebiasaan buruk, dan tidak mengabaikan olahraga, rata-rata, tinggal selama 4 tahun lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang kurang bijaksana.

0 comments:

Post a Comment