Sunday, August 12, 2012

Depresi menyusutkan Otak

cewek depresi

Daerah otak tertentu pada orang dengan depresi berat lebih kecil dan kurang padat dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang sehat. Sekarang, para peneliti telah melacak alasan untuk penyusutan genetik ini.

Serangkaian gen terkait dengan fungsi sinapsis, atau kesenjangan antara sel-sel otak penting untuk sel-sel komunikasi, dapat dikontrol oleh sebuah "tombol" genetik tunggal yang tampaknya dioverproduksi dalam otak orang dengan depresi, klaim hasil studi terbaru.

"Sirkuit kita menunjukkan bahwa biasanya terlibat dalam emosi, serta kognisi, terganggu ketika faktor transkripsi tunggal diaktifkan," kata peneliti Ronald Duman, profesor psikiatri di Yale University, dalam sebuah pernyataan.

Faktor transkripsi adalah protein yang membantu mengontrol instruksi genetik dari DNA akan disalin, atau ditranskripsi, sebagai bagian dari proses membangun protein tubuh.

Penyusutan otak
Studi pencitraan otak, pemeriksaan bedah mayat otak manusia dan penelitian pada hewan telah menemukan bahwa keseluruhan mengalami tingkat depresi, bagian korteks otak menyusut yang disebut dorsolateral prefrontal. Neuron di daerah ini, yang bertanggung jawab untuk tugas-tugas kompleks dari memori dan integrasi sensorik dengan perencanaan tindakan, juga lebih kecil dan kurang padat pada orang depresi dibandingkan dengan orang sehat.

Duman dan rekan-rekannya menduga bahwa kelainan saraf akan mencakup masalah dengan sinapsis, titik di mana sel-sel otak "berbicara" satu sama lain. Pada sinapsis, neuron melepaskan neurotransmiter yang dijemput oleh tetangga mereka, membawa sinyal dari sel ke sel dengan kecepatan cepat.

Para peneliti melakukan profiling gen pada jaringan otak postmortem dari studi kedua depresi dan kesehatan sehat. Mereka menemukan berbagai gen yang secara signifikan lebih aktif dalam kortek dorsolateral prefrontal terhadap orang depresi, terutama terkait dengan lima fungsi sinapsis: synapsin 1, Rab3A, kalmodulin 2, Rab4B dan TUBB4.

Kerusakan Sinapsis
Semua Gen ini terlibat baik dalam sinyal kimia yang terjadi pada sinapsis atau daur ulang sel dan proses regenerasi yang menjaga setengah sistem sinapsis. Kelima diatur oleh faktor transkripsi tunggal yang disebut GATA1, yang dioverproduksi dalam otak depresi.

Para peneliti mengaktifkan GATA1 dalam otak tikus dan menemukan penurunan kompleksitas panjang, proyeksi branchlike, atau dendrit, sel-sel otak. Proyeksi ini adalah saluran telepon yang membawa pesan sinapsis, mengintegrasikan semua informasi sel menerima.

Penambahan GATA1 juga meningkat seperti depresi perilaku pada tikus. Sebagai contoh, ketika diberi tugas berenang, tikus dengan tambahan GATA1 tinggal bergerak dalam air lagi, memperoleh sinyal keputusasaan, dari biasanya tikus GATA1, para peneliti melaporkan di jurnal Nature Medicine.

Para peneliti percaya kerusakan bisa jadi akibat dari stres kronis, dan mereka berharap temuan mengarah pada pengobatan depresi baru. 

"Kami berharap bahwa dengan meningkatkan hubungan sinapsis, baik dengan obat-obat baru atau terapi perilaku, kita dapat mengembangkan terapi antidepresan lebih efektif," kata Duman. dikutip dari news yahoo

0 comments:

Post a Comment