Saturday, February 16, 2013

Wah, Limbah Obat Memicu Ikan Rakus Dan Agresif

ikan  leleupi
Ilustrasi ikan leleupi (foto:zonaikan.com)

Di mana terdapat perairan yang tercema limbah obat memicu ikan makan lebih rakus dan agresif serta mengubah komposisi ukuran, rasio dan spesies fauna lokal. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga, seperti ganggang.

Limbah obat antidepresan dan obat-obatan kedokteran lainnya dalam air mempengaruhi perilaku ikan di sungai, ternyata limbah obat yang di buang di buang ke air memicu ikan lebih agresif dan rakus dibanding sepupu mereka yang tinggal di perairan bersih, klaim para ilmuan ekologi.

Fenomena ini ditemukan bahwa walaupun konsentrasi kecil limbah obat dalam air secara signifikan mengubah perilaku ikan. "Mereka ikan yang berenang di air yang terpapar obat penenang, menjadi terasa lebih berani dan mencoba berenang menjauh mungkin dari kelompoknya," - Klam ilmuan ekologi.

Perilaku ikan ini sungguh berbahaya karena predator yang lebih besar bisa memakannya. Pemerhati lingkungan juga takut keseimbangan ekologi terganggu karena fakta bahwa nafsu makan ikan berkembang pesat.

0 comments:

Post a Comment