Saturday, February 16, 2013

Kekuatan Ledakan Meteorit Setara 20 Bom Atom Di Rusia

meteorit
ilustrasi meteorit (foto:media online)

Benda-benda yang terlihat seperti batu-batu terbakar berjatuhan dari langit di wilayah sepanjang ratusan kilometer, dan meninggalkan jejak awan putih panjang di belakangnya. Suara dentuman dan guncangan setelah jatuhnya meteor itu Jumat pagi memecahkan kaca-kaca jendela dan membunyikan alarm mobil.

Kekuatan ledakan yang terjadi pada saat meteorit di atas atmosfer wilayah Chelyabinsk, Rusia sebanding dengan ledakan 20 bom atom. Kesimpulan ini di buat ilmuan NASA.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa massa meteorit adalah 7.000 ton, meskipun fakta bahwa ia jatuh lebih cepat dari kecepatan suara. Ahli NASA telah menyebutnya meteorit ini sebagai benda antariksa paling kuat yang jatuh ke Bumi yang tidak sebanding dengan waktu bencana di Tunguska yang terjadi pada tahun 1908.

Akibat dari jatuhnya meteorit ini setidaknya telah menewaskan 1.200 orang, mayoritas terluka oleh pecahan kaca yang yang mana mereka menyaksikan meteroit jatuh dari jendela mereka.

Menurut saksi, orang-orang mulai panik, karena tidak ada yang tahu apa yang terjadi. Kami melihat kilatan cahaya besar, pergi ke luar untuk melihat, dan kemudian mendengar suara gemuruh yang sangat keras," -Kata salah satu warga Chelyabinsk.

Namun, para ahli NASA mengatakan bahwa untuk memperingatkan jatuhnya meteorit itu tidak mungkin, karena terjadi pada siang hari dan teleskop tidak bisa menemukan benda antariksa jatuh.

0 comments:

Post a Comment