Sunday, September 16, 2012

Menikmati Keindahan Alam dengan Bersepeda

Sekilas Ruly Mulyawan tidak berbeda dengan pegawai kantor lainnya. Namun, jika disinggung soal sepeda, pria 37 tahun ini akan antusias dan tersibaklah jiwa petualangan dalam dirinya.


Seperti ketika ditemui sepulang kerja di kantornya di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (12/9). Warga Bogor ini berkali - kali mengungkapkan bahwa bersepeda adalah tentang menikmati perjalanan. "Saat bersepeda, saya tidak semata - mata mengukur kekuatan fisik saya, tapi menikmati. Keindahan bersepeda saat menikmati perjalanan," ujar Ruly.

Prinsip itu selalu ia tanamkan saat setiap kali melakukan perjalanan keluar kota (touring). Hingga kini berbagai kabupaten di Jawa Barat telah dijelajahinya sambil menggowes. Hobi bersepeda diakui Ruly sudah tumbuh saat ia kanak - kanak. Namun, hobi itu baru ditekuni serius sejak empat tahun lalu kala diajak seorang teman untuk bergabung dalam komunitas sepeda. Di komunitas bernama Gowel Bogor itulah ia merasa sangat terbuka karena kalangan dari berbagai usia boleh bergabung.

Nama Gowel Bogor, jelas Ruly, sebenarnya berangkat dari nama mailing list Bike 2 Work (B2W) Korwil Bogor Raya. Kelompok sepeda ini mulai dideklarasikan Januari 2006. Kini anggota komunitas Gowel Bogor sangat banyak dan masing - masing menyukai tantangan bersepeda tersendiri. Ada anggota yang menyukai bersepeda down hill, bersepeda di jalur menanjak dan beragam lainnya.

Namun Ruly bersama sembilan teman lainnya lebih memilih melakukan touring. Di kalangan penyuka sepeda, touring keluar kota sebenarnya tidak dominan dan malah sering dipandang aneh karena menguras tenaga dan waktu. Hal itu pun disadari dan diakui Ruly. "Waktu selalu menjadi masalah. Kami harus selalu berkejaran dengan waktu," ujar pria yang bekerja di perusahaan pakan ini.

Maka itu, penyuka touring di komunitas Gowel Bogor umumnya hanya menggelar kegiatan tiga bulan sekali. Touring dilakukan pada Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya. Meski telah melintasi berbagai daerah, perjalanan pertama masih diingat Ruly dengan jelas. Perjalanan sekitar tiga tahun lalu itu menuju Pantai Jayanti, Kabupaten Cianjur.

Setelah merasakan nikmatnya mengayuh sepeda di alam eksotis, Ruly dan kawan - kawan pun merencanakan perjalanan menuju daerah pesisir lainnya, yakni Desa Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Wilayah itu bahkan didatangi lagi di perjalanan ketiga, tetapi melalui rute berbeda.

Puas berpetualang di Pandeglang, pada perjalanan ke empat Ruly memutuskan pergi ke Green Canyon, dengan rute perjalanan dari Pengalengan, Kabupaten Bandung. Kendati bisa menikmati pemandangan cantik, bersepada touring juga harus siap dengan berbagai rute yang sulit diprediksi. Perjalanan seperti itu dialami Ruly saat kedua kali ke Desa Sumur.

0 comments:

Post a Comment