Saturday, September 29, 2012

Chip Penyimpan Data Abadi Dari Kaca

chip potongan kaca

Dalam beberapa tahun terakhir, media penyimpanan file telah berpindah dari metode elektronik ke fisik, tetapi masalah kerusakan dan hilangnya data belum tentu dapat diselamatkan. Namun, kini telah dikembangkan metode baru apa yang mungkin menjadi cara yang dapat diandalkan untuk menyimpan file didalam sepotong kaca dan dapat berumur hingga ratusan juta tahun.

Dikutip dari corporacia.ru. Hitachi perusahaan Jepang sedang mengembangkan jenis baru dari media optik yang dapat menyimpan data hingga "ratusan juta tahun." Pelat tipis dari kaca kuarsa transparan, pelat ini dapat bertahan dalam suhu ekstrim hingga 1000°C dan dari berbagai bahan kimia atau kondisi lain yang merugikan. 

Pengembangan teknologi baru ini untuk menyimpan data dalam bentuk biner dengan menciptakan poin dalam lembaran tipis kuarsa yang dapat dibaca dengan mikroskop optik konvensional.

Asalkan komputer Anda memiliki program yang cukup sederhana, tidak peduli bagaimana modernnya, data akan selalu dapat dibaca.

Chip yang diklaim tahan dari berbagai pengaruh luar ini, bahkan bila terjadi bencana alam seperti kebakaran atau tsunami. Keberadaan data di chip tersebut masih bisa terselamatkan.

Para peneliti dari Hitachi percaya bahwa media seperti ini mungkin diperlukan untuk berbagai instansi pemerintah, museum dan organisasi keagamaan.

Catatan sebagai pengingat "media penyimpanan data untuk saat ini dalam hal ketahanan terhadap berbagai kerusakan dari pengaruh luar yang digunakan saat ini misalnya, CD, SSD atau disk magnetik, media data ini bisa terdegradasi dalam beberapa detik, jam, hari dan seterusnya, tapi untuk chip ini atau potongan kaca kuarsa ini dapat tahan terhadap resiko kerusakan baik dari alam dan manusia".

0 comments:

Post a Comment