Sunday, September 30, 2012

Buah Ceri Dapat Mengurangi Sejumlah Serangan Gout

Buah cherry
Konsumsi buah ceri untuk mencegah serangan gout

Ilmuwan Amerika telah menemukan bahwa penggunaan buah ceri dalam makanan mengurangi risiko gout pada orang yang menderita nyeri sendi. Klaim para peneliti dari Universitas Boston (USA).

Ternyata bahwa ceri mengandung bahan khusus antosianin, yang memiliki efek anti-inflamasi. Laporan resmi pada penelitian mencatat bahwa para ilmuwan mampu untuk mendapatkan "bukti yang sangat meyakinkan" dari fakta bahwa makan ceri sangat membantu untuk orang dengan gout.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan ceri sebagai pengobatan dapat mengurangi asam urat dalam tubuh, risiko gejala kejang berkurang hingga 75%.

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin Yukinga Zhang, Profesor of Medicine di Boston University selama satu tahun mempelajari kesehatan 633 peserta yang menderita asam urat.  Usia para peserta rata-rata 54 tahun, yang 78% laki-laki, 35% dari mereka makan buah segar, dan 5% konsumsi ekstrak ceri dan 2% dalam bentuk lain. 

Ditemukan bahwa ceri mampu mengurangi frekuensi kejang sebesar 75%. Manfaat terbesar terlihat pada penggunaan tiga porsi buah ceri. Lebih sering menggunakan ceri tidak membawa efek positif baru. 

Gout yang diketahui terkait dengan pengendapan kristal asam urat. Gout adalah sejenis artritis. Gout dapat menyebabkan serangan tiba-tiba, rasa terbakar, sakit, kaku dan pembekakan di sendi, seperti di jempol kaki.

0 comments:

Post a Comment