Tuesday, September 25, 2012

Fakta Tentang Kafein

kopi
Ilustrasi Kopi

Meski aman dikonsumsi, kafein dapat menimbulkan reaksi yang tidak dikehendaki, seperti insomnia, gelisah, pernapasan meningkat, tremor otot, dan diuresis (sering kencing). Kafein juga dapat menimbulkan ketagihan ringan. Orang yang biasa minum kopi akan menderita sakit kepala di pagi hari atau setelah 12 jam sejak mengonsumsi kopi.

Bila dikonsumsi berlebihan, kafein bisa menyebabkan masalah jantung. Namun, dengan takaran yang pas, kafein efektif meningkatkan kewaspadaan, bahkan menyehatkan.

Kafein dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan, memiliki efek langsung pada metabolisme otot, membantu mereka untuk membakar lemaki, bukan glikogen (karbohidrat). Perbedaan ini meningkatkan daya tahan. Namun, konsumsi berlebihan kafein tidak dianjurkan, karena menurunkan kinerja. Kafein dapat meningkatkan fokus mental dan meningkatkan aktivitas otak. Kafein dalam jumlah sedang dengan mudah dapat menembus ke otak dan memiliki efek positif pada banyak jenis neuron (sel otak) dengan cara yang positif. Daripada mengkonsumsi lebih sedikit kafein, sehingga efisien.

Berlebihan konsumsi kafein menyebabkan kecanduan untuk tubuh. Dosis optimal adalah 300 mg per hari, dan mengkonsumsi kafein lebih baik setiap hari. Penggunaan terlalu sering kafein dalam jumlah besar menyebabkan perasaan cemas, gangguan tidur, masalah pencernaan, dan jantung berdebar-debar. Kafein tidak adiktif, yaitu, tidak ada ketergantungan fisik padanya. Kopi mengandung tiga kali lebih banyak kafein dari secangkir teh atau cola. Dan cokelat mengandung lebih sedikit kafein dibanding produk lainnya. Sensitivitas terhadap kafein diwariskan.

Akhirnya, konsumsi berlebihan kafein dapat berakibat fatal. Meskipun jarang terjadi, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan masalah kardiovaskular memicu kematian di masa depan. Karena kafein mempengaruhi sistem saraf, denyut jantung dan tekanan darah, dengan kecenderungan tertentu, penggunaannya dapat memiliki konsekuensi serius.

Mari minum kopi agar daya ingat dan berpikir makin mantap, di jamin ga oon lagi :D, tapi jangan berlebihan minum kopi setidaknya sehari 3-5 cangkir sehari.

0 comments:

Post a Comment