Thursday, September 20, 2012

Sapi Elit Perancis Minum Anggur

Sapi elit Perancis mulai minum anggur
Sapi perancis

Daging Sapi di Jepang berpola marmer dan memiliki hak istimewa, mereka secara khusus di beri makan nasi dan minuman sake dengan selektif, sehingga dagingnya terasa sangat enak. Lain halnya di Perancis sapi dikasih minum Anggur, namun harga dagingya cukup mahal, yaitu 1 juta/kg.

Awal mulanya kejadian ini dilakukan berdasarkan eksperimen di Lunel-Viel, Herault, Perancis. Disana ada 3 ekor sapi. Diantaranya dua ekor sapi Angus dan satu ekor sapi Camargue. Sapi-sapi tersebut diberi minuman wine lokal selama empat bulan. Wine tersebut mengandung campuran anggur, barley, dan hay.

Setalah dilakukan eksperimen ini, ternyata sapi-sapi yang diberi minum terlihat ‘bahagia’ dan daging yang dihasilkan lebih lezat dan berbeda rasa dengan sapi biasa atau lokal. Ide pemberian wine kepada sapi ini diusung oleh Jean-Charles Tastavy.

Proyek ini memilik satu kelemahan, yaitu harga. Mengingat biaya diet harian anggur sapi meningkat tiga kali lipat dari 5 sampai 15 Euro. Harga per kilo daging sapi "wine" meningkat menjadi 100 euro per kg.

Namun demikian, permintaan daging sapi eksklusif terus tumbuh, meskipun biaya daging tersebut mahal. Hal ini jelas mengapa menurut koki perancis, daging sapi anggur ini memiliki tekstur khusus, warna yang indah, selama dmasak mengeluarkan karamel. Dan tentu saja, rasanya sangat lezat.

0 comments:

Post a Comment