Friday, September 28, 2012

Orang Bodoh Lebih Bahagia Daripada Orang Pintar

cewek kurang bahagia
Kebahagiaan manusia tergantung pada IQ

Para ilmuwan Inggris mengatakan bahwa orang bodoh lebih bahagia daripada orang pintar. Para peneliti menemukan ada hubungan antara tingkat IQ dan kebahagiaan. Penelitian yang melibatkan 6500 relawan dari sebuah perusahaan. Para ahli menyimpulkan, peserta dengan tingkat intelektual rendah merasa bahagia sedangkan rekan-rekan mereka yang "cerdas" kurang bahagia.

Dalam  studi ini para ahli dari University College London melibatkan relawan dengan berbagai masalah yang berbeda dan menanyakan kepada responden seberapa bahagia mereka?. Ditemukan bahwa orang yang paling merasa bahagia dengan tingkat IQ 70-79 poin, tetapi mayoritas orang yang tidak bahagia dengan tingkat IQ 120-129 poin (43%).

Dr Angela Hassiotis menjelaskan, pekerja dengan kecerdasan rendah tidak mengambil pekerjaan yang paling menjanjikan di tempat kerja, yang tercermin dalam gaji mereka. Tingkat materi tidak memuaskan, pada gilirannya juga dapat mempengaruhi kesehatan dan psikologis. Orang dengan IQ rendah kedepannya juga mereka akan merasa kurang bahagia dipicu oleh pendapatan yang rendah.

Dr Jonathan Campion dari organisasi The London Selatan dan Maudsley NHS Foundation Trust mengatakan bahwa penelitian itu sangat berguna karena mengidentifikasi beberapa faktor yang memediasi hubungan antara IQ dan kebahagiaan, serta langkah-langkah pencegahan penurunan IQ.

Hasil penelitian para ilmuwan dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine.

Sebelumnya, staf, University of South Florida telah menemukan sebuah gen yang membuat wanita bahagia. Bagi pria hal itu tidak berlaku. Para ahli percaya bahwa penemuan mereka akan membantu menjelaskan mengapa wanita lebih menikmati hidup dibandingkan laki-laki.

0 comments:

Post a Comment