Tuesday, September 18, 2012

Inilah Manfaat Utama Minum Air Putih

 orang dengan sakit kepala
  Minum air menyembuhkan sakit kepala

Kebutuhan air tidak dapat dilebih-lebihkan. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70 persen air. Air membentuk banyak media yang membantu sel-sel kita berkomunikasi satu sama lain. Air sangat penting untuk makhluk hidup, hingga para praktisi kesehatan menyarankan konsumsi 7-8 gelas air per hari dan itu tergantung dari situasi. 

Pakar kesehatan menyarankan untuk lebih banyak minum air putih dibanding minuman lain. Secara klinis, minum air putih mampu merawat dan memperbaiki masalah gangguan kesehatan. Pastikan Anda tak akan menunda-nunda lagi mengonsumsi air putih setiap saat. 

  1. Air dapat melindungi jantung. Minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya terhindar dari serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. 
  2. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

  3. Air mampu mencegah pemicu sakit kepala. Sakit kepala seringkali mengacaukan konsentrasi. Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.
  4. Air meningkatkan fungsi ketajaman memori atau otak. Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan minum banyak air putih, Anda bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Malahan, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.
  5. Air dapat membuat Anda tetap siaga. Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah Anda merasa sulit konsentrasi. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.
  6. Air pembakar kalori alami. Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum air es adalah cara yang baik untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan. Meskipun hal ini belum tentu benar untuk semua orang, ia memiliki sejumlah besar kebenaran di balik itu. Bila Anda minum air dingin, tubuh Anda bekerja ganda waktu untuk pemanasan, terjadi peningkatan laju metabolisme pembakaran kalori. 
  7. Air dapat mempromosikan kualitas Tidur. Secara alami air dapat menyeimbangkan vitamin tubuh, nutrisi dan mineral dengan meminum air sebelum tidur, hormon, tingkat energi, otot dan sendi menjadi seimbang. Ini membantu Anda rileks dan membuat Anda merasa diremajakan di pagi hari. 
  8. Air dapat mengeluarkan racun. Salah satu manfaat terbaik dari air minum adalah bahwa ia bertindak sebagai pembersih alami. Tubuh banyak mendapatkan racun dari makanan, lingkungan, dan unsur-unsur lainnya. 

Dikutip dari berbagai sumber, kompas.com, shape.com dan howstuffworks.com

0 comments:

Post a Comment