Wednesday, June 19, 2013

Dua Bocah Berbeda Ini Selamatkan Adiknya Setelah Latihan CPR

Salah satu pertolongan pertama adalah dengan melakukan pernapasan mulut ke mulut dan penekanan pada dada. Namun teknik pernapasan mulut dianggap oleh pakar kesehatan kurang begitu efektif.

CPR (cardiopulmonary resuscitation) yang dalam bahasa Indonesianya berarti Resusitasi Jantung Paru atau disebut juga dengan napas buatan adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu.

Berkat latihan pertolongan pertama dua bocah ini berhasil selamatkanya nyawa adik mereka.

James Reed

james-reed
James Reed dan Adiknya I medikforum.ru

James Reed, 9 tahun, Bocah ini berhasil menyelamatkan nyawa adiknya dari kematian hanya beberapa jam setelah dia belajar tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama di kelas di pusat medis.

James Reed mengambil kursus pertolongan pertama di ambulans stasiun St John Ambulance, di mana ia diberitahu bagaimana membantu orang yang berada dalam berbagai situasi. Termasuk guru diberitahu tentang apa yang harus dilakukan jika seorang manusia tersedak makanan dan tercekik.

Setelah sekolah, James pulang ke rumah dan di sana dia harus menerapkan keterampilanya dalam praktek nyata.  Harry, 3 tahun tersedak sandwich, berubah biru dan berhenti bernapas.  James berlari ke adiknya dan memberinya pertolongan pertama, di mana ia telah diajarkan hanya beberapa jam yang lalu. Ia mengatakan bahwa hanya beberapa penekanan kuat di bagian belakang.  Harry terbatuk dan akhirnya sandwich terjebak di kerongkongan keluar dan mampu bernapas lagi.

Tristan Saghin

bocah-Tristin-Saghin
Tristan Saghin Kiri dan Kanan brooke di cium Tristan I cnn.com

Keluarga Saghin sedang bersiap-siap untuk gereja di Phoenix ketika Brooke, 4 tahun menyelinap keluar pintu belakang yang telah dibiarkan terbuka, jatuh ke kolam renang dan mulai tenggelam.

Pada saat ibu Brooke, Kim, menariknya keluar, dia tidak bernapas lagi.  Tristan,13 tahun tidak akan membiarkan adik mati.

Dia mengatakan kepada neneknya untuk menelepon 911, prestasi mengesankan untuk setiap anak dan kemudian dia melakukan sesuatu yang bahkan lebih luar biasa:

"Tristan melompat turun dan mulai melakukan CPR. Dia melakukan praktek nyata," ayah Tristan, Chris Saghin, mengatakan.  Dia ingat menyuruh Tristan melakukan latihan CPR, "Aku benar-benar tidak berpikir. Aku tidak tahu aku harus melakukan sesuatu."

Tristan tahu bagaimana menyelamatkan nyawa adiknya hanya karena orang tuanya telah mengajarinya.

Pesan buat orangtua : Ajarkan anak Anda untuk menyelamatkan nyawa manusia dengan praktek latihan CPR.

0 comments:

Post a Comment