Friday, April 6, 2012

Mengenal Jaringan TV White Space (Radio) Untuk Akses Internet

Teknologi Super Wi-fi atau White Space (radio) dikembangkan oleh Microsoft, Jaringan ini mengandalkan kanal frekuensi TV yang tidak di gunakan oleh pemiliknya tanpa mengganggu pemilik frekuensi TV. Kemampuan Wi-fi White Space yaitu bisa di akses dalam radius 3 KM dan mampu menembus penghalang seperti pohon, tembok bangunan, dan bahkan medan yang tebal sekalipun. Bandingkan dengan Wi-Fi jarak akses cuma 100 Meter dan tidak mampu menembus rintangan seperti tembok bangunan.

Teknologi White Space ini mampu mendeteksi dan memanfaatkan frekuensi rendah antara  50 sampai 700 MHz yang memungkinkan di pakai untuk  kawasan Perkotaan, Pedalaman dan Pedesaan dengan jarak akses melebihi kecepatan Wi-Fi.

Teknologi tersebut juga dapat menyatukan sejumlah frekuensi yang tersebar untuk menjadi satu sehingga frekuensi yang tidak terpakai dapat digunakan untuk Wi-Fi.

TV white spaces network ( Jaringan TV White Space) menggunakan teknologi versi 802.11aF. Teknologi ini berkinerja sangat baik pada spektrum TV kosong untuk di alih fungsikan mentransfer data jaringan tanpa kabel (Wi-Fi) secara menyeluruh. Hal ini lebih cepat daripada WiFi sehingga dapat menangani lebih banyak data.

Teknologi White Space sukses di uji cobakan di negara USA, Inggris dan sebagainya, untuk Indonesia jaringan white space masih dalam tahap pengenalan kepada pemerintah dan itu mungkin tidak akan di adopsi oleh pemerintah, mengingat Pemerintah terlanjur berinvestasi di jaringan WIMAX dan nilainya tidak kecil. Dan di perparah teknologi ini masih belum bisa direalisasikan mengingat banyak spektrum di Indonesia sudah dimiliki oleh masing-masing institusi. 

Aku pusing, Rakyat pusing, Pemerintah pusing di sebabkan tak ada lagi aset negara yang dapat dipergunakan yang sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dan semuanya telah di kuasai oleh Lembaga swasta. Dan lebih mirisnya lagi Negara kita ini apa saja selalu import. Yang belum import mungkin tempe, tahu dan terasi. :P

Referensi : Republika, Vivanews, Wikipedia, Tomhardware

Terima Kasih sudah main kesini.

0 comments:

Post a Comment