Monday, April 16, 2012

Foto Demi Emas Anak-Anak Pun Ikut Mendulang Emas

bocah-bocah pendulang emas di kabupaten buru

Lokasi tambang emas di Desa Wamsait adalah milik masyarakat adat Buru, telah dikelola oleh masyarakat adat yang memiliki hak kepemilikan atas lokasi tersebut, namun banyak pendatang dari berbagai daerah.

Anak-anak seharusnya berada di sekolah, tapi lihat foto diatas, saya mengambil gambarnya hari senin, bertepatan dengan ujian nasional oleh siswa SMU tahun 2012. Mereka bocah-bocah ingusan tersebut tampak tak mau kalah sama orang dewasa. Mereka mahir juga ketika mendulang emas di sungai Desa wamsait Kabupaten Buru.

Hujan ketika saya berada di lokasi, mereka tampaknya sudah kebal sama hujan, mereka tiada perduli hujan dan panas mereka terus mendulang emas, cuaca bukan lagi sesuatu yang menyakitkan bagi mereka. Saya tak tahu siapa yang memperkerjakan mereka. Mengingat usia mereka rata-rata di atas 10 tahun keatas, seharusnya mereka berada di bangku pendidikan. Ah saya tak tahu menahu lagi siapa yang salah, pemerintah atau orangtua bocah-bocah ingusan tersebut.

Demi emas pun, ibu-ibu rela memboyong balita ke lokasi tambang emas. Mereka mendirikan tenda darurat di bibir-bibir sungai, bila hujan deras nyawa menjadi taruhannya, tapi tampaknya mereka tidak memperdulikan nyawa mereka lagi. 

0 comments:

Post a Comment