Wednesday, January 16, 2013

Ternyata Simpanse Pun Memiliki Rasa Keadilan

simpanse

Kita sebagai manusia jangan selalu bertindak egois dan jangan kalah sama saudara dekat kita, yaitu simpanse, ternyata saudara dekat kita yang satu ini, menurut para ilmuan bahwa binatang ini memiliki rasa keadilan seperti halnya yang di miliki oleh manusia. Kata para ilmuwan dari negara bagian Georgia.

Para peneliti menemukan bahwa dalam permainan di mana dua simpanse berbagi buah pisang, mereka cenderung untuk menawarkan mitra bagian ukuran yang sama.

Menurut para ilmuwan, penelitian ini menunjukkan bahwa rasa keadilan sebagai kualitas manusia telah muncul melalui evolusi. Simpanse hidup dalam kelompok-kelompok yang berburu bersama-sama dan berbagi tanggung jawab untuk merawat keturunan.

Di sisi lain, ilmuwan juga menemukan keegoisan manusia yang juga dimiliki simpanse. Jika tak ada keharusan berbagi, maka manusia dan simpanse memilih menikmati penghargaan itu sendiri.

Hasil penelitian tersebut telah dibantah oleh ilmuan lain, mereka mengatakan bahwa percobaan tidak membuktikan bahwa monyet memiliki rasa keadilan, monyet-monyet tidak selalu mengerti bahwa beberapa proposal yang adil dan kemungkinan dapat ditolak oleh mereka.

0 comments:

Post a Comment