Saturday, January 19, 2013

Mona Lisa Sukses Di Kirim Ke Bulan

Mona Lisa
Mona Lisa ( foto :capture Video NASA)

Leonardo da Vinci sepertinya akan senang di dalam kubur atas karyanya melukis sosok Mona Lisa dengan senyumnya yang penuh misterius, sebab karyanya kini telah di gunakan oleh ilmuan NASA, setidaknya NASA berhasil mengirimkan gambar digital Mona Lisa dari bumi ke bulan pulang pergi menggunakan laser.

Sebagai bagian dari demonstrasi pertama komunikasi laser dengan satelit di bulan, para ilmuwan dengan NASA Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) mentransfer gambar Mona Lisa ke pesawat ruang angkasa dari Bumi.

Sinyal laser yang ditembakkan dari instalasi Next Generation Satellite Laser Ranging (NGSLR) di Goddard Space Flight Center, Greenbelt, Maryland ditangkap oleh Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA, yang mengorbit ke Bulan sejak tahun 2009 lalu, dalam jarak 384.400 km dari Bumi.

Ikon gambar Mona Lisa menempuh perjalanan hampir 240.000 mil dalam bentuk digital dari Next Generation Satellite Laser Ranging (NGSLR). Transmisi Digital Mona Lisa, pertama di dunia sukses di lakukan.

"Kami telah mencapai komunikasi laser satu arah pada jarak antar planet", klaim David Smith, peneliti utama di Massachusetts Institute of Technology.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, tipe komunikasi laser sederhana ini kemungkinan dapat difungsikan sebagai cadangan untuk komunikasi radio yang digunakan satelit. "Di masa yang akan datang, ini memungkinkan komunikasi di tingkat data yang lebih tinggi ketimbang yang disediakan oleh penghubung radio saat ini," pungkasnya.

Nonton Video Transfer foto monalisa menggunakan sinar laser di bawah ini : 

0 comments:

Post a Comment