Thursday, January 24, 2013

Makanan Panas Dalam Wadah Plastik Bahayakan Kesehatan

piring plastik
Piring plastik berbahaya untuk kesehatan (foto:source online)

Ilmuan Taiwan telah menunjukkan bahwa berbahaya bagi kesehatan bila makanan panas di tempatkan dalam wadah plastik karena secara signifikan meningkatkan jumlah senyawa beracun, plastik atau melamin berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Ilmuan mengamati dua kelompok pria di tawarkan untuk makan sup panas. Dalam penelitian ini kelompok pertama makan hidangan sup panas menggunakan piring plastik dan kelompok kedua menggunakan piring keramik. Sebelum dan setelah makan sampel urin relawan di ambil. Akibatnya dalam 12 jam kemudian ditemukan bahwa mereka yang makan menggunakan piring plastik, terpapar tingkat senyawa beracun adalah 8,35 mg dan relawan yang makan menggunakan piring keramik terpapar racun cuma 1,3 mikrogram.

"Peralatan makan wadah plastik melepaskan sejumlah besar zat beracun ketika terpapar suhu panas" - kata penulis studi Chia Fang Wu. Dalam kasus apapun, ia mencatat bahwa lebih tepat menghindangkan makanan panas menggunakan piring keramik.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa sementara tidak jelas apa efek peralatan makan melamin bagi kesehatan manusia. Namun, penelitian sebelumnya telah menghubungkan konsentrasi tinggi melamin dengan peningkatan risiko batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa.

Studi toksisitas melamin pada hewan telah menunjukkan bahwa makanan panas dari piring plastik dapat menyebabkan batu ginjal, kerusakan ginjal dan menyebabkan kanker.

0 comments:

Post a Comment