Friday, March 22, 2013

Artis Indonesia Meninggal Dengan Gejala Serangan Jantung

ricky dan adjie
Ricky dan Adjie

Serangan jantung adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan memicu sebagian sel jantung menjadi mati.

Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, apakah dia seorang artis, anggota DPR, manusia biasa, gemuk, kurus, jenis kelamin dan golongan umur. Pola gaya hidup sehat, seperti berolahraga berkontrubusi untuk menjaga kesehatan jantung, namun penyakit ini tetap mengambil nyawa orang yang aktif menjaga gaya hidup sehat.

Apa pasal, penyakit jantung bisa muncul dari berbagai faktor. Salahsatunya berasal dari faktor keluarga, keluhan rasa sesak dan sakit di bagian dada.

Salahsatu artis Indonesia dan juga anggota DPR RI meninggal karena mengalami serangan jantung dan menjalani pola gaya hidup, yaitu Adjie Massaid. Beliau terkena penyakit jantung dari faktor keluarga (riwayat keluarga).

Presenter olahraga Ricky Johannes (Ricky Jo) meninggal akibat serangan jantung. Gejala penyakit jantung yang sering di alami ricky, yaitu sering mengeluh sakit atau sesak bagian dada dan pingsan.

Kenali beberapa gejala yang lebih spesifik dari penyakit jantung, antara lain:

  1. Nyeri. Jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang yang mengalami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia).
  2. Sesak napas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).
  3. Kelelahan atau kepenatan. Jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, penderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan.
  4. Palpitasi (jantung berdebar-debar)
  5. Pusing & pingsan. Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

Menjaga pola gaya hidup salahsatu alternatif terhindar dari serangan jantung

Kita boleh saja bermain futsal, sepak bola sampai usia berapa pun, asal sesuai dengan kondisi kita alias jangan berlebihan, dan menjalankan gaya hidup sehat yang lengkap. Tidak hanya olahraga, tapi juga memilih makanan yang sehat plus stop smoking dan alkohol.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika. Setiap tahunnya, di Amerika Serikat:

  1. 1.500.000 orang mengalami serangan jantung.
  2. 478.000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner
  3. 407.000 orang mengalami operasi peralihan
  4. 300.000 orang menjalani angioplasti.

Artikel di sadur dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment