Monday, January 7, 2013

Ternyata Lampu Hemat Energi Berbahaya Bagi Kesehatan

Ilustrasi lampu hemat energi I foto (mnenie.ru)

Lampu hemat energi sangat terpopuler dan dijual untuk digunakan di rumah-rumah pribadi dan kantor di mana orang mencari cara untuk mengurangi tagihan listrik mereka.

Namun, ilmuwan Amerika mengklaim bahwa lampu hemat energi bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, mereka memancarkan radiasi jauh lebih dari ultraviolet, yang dapat merusak sel-sel kulit, dan kontak yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker.

Dikutip dari media rusia. Spesialis dari Universitas Negeri New York di Stony Brook, melakukan percobaan di mana sel-sel pada kulit terkena radiasi dari kedua jenis lampu hemat energi dan biasa. Sel terkena radiasi dari lampu hemat energi, rusak parah, dan sel-sel diiradiasi dengan lampu biasa, tetap sehat.

Produsen lampu hemat energi telah menanggapi publikasi hasil penelitian, mengatakan bahwa "tingkat radiasi ultraviolet yang dipancarkan berada dalam batas normal."

Walaupun demikian hasil penetilitan menemukan data yang sungguh mencengangkan, ternyata lampu hemat energi juga mengandung sejumlah kecil merkuri, yang dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf, cacat lahir dan efek kesehatan yang merugikan. Dengan demikian, terlepas dari efisiensi energi dari lampu ini, lampu hemat energi LED adalah pilihan yang lebih menarik bagi konsumen.

0 comments:

Post a Comment