Thursday, January 3, 2013

Rambut Sumber Utama Informasi Kesehatan


Menyisir rambut I foto:purematters

Baru-baru ini, penemuan itu dibuat bahwa rambut dapat memberikan informasi dasar tentang status kesehatan. Misalnya, rambut rontok merupakan tanda ketidakseimbangan hormon. Dalam kasus ini, indung telur wanita terlalu banyak memproduksi androgen, hormon seks pria yang mempromosikan penipisan rambut. Tanda-tanda lain dari ketidakseimbangan rambut, yaitu wajah berjerawat dan menstruasi yang tidak teratur.

Unjung rambut bercabang adalah tanda hipotiroidisme. Dalam kasus ini, kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon yang cukup, sehingga memperlambat metabolisme. Gejala lain termasuk penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, sering pilek dan sering mengalami kelelahan, meskipun waktu yang cukup untuk tidur. Rambut yang jatuh hanya di tempat-tempat tertentu, mungkin menjadi bukti kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat sendiri. Jadi rambut rontok dapat dicirikan oleh kehamilan.

Beruban dini adalah sebenarnya bukan pertanda adanya masalah kesehatan. Tetapi jika sejumlah besar uban muncul pada usia 35 tahun, mungkin ada kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Akhirnya, kulit kepala, kering bersisik (ketombe) mungkin merupakan hasil dari gizi buruk dan stres.

0 comments:

Post a Comment