Monday, January 14, 2013

Persalinan Melalui Operasi Caesar Mempengaruhi Kualitas ASI

planet
Ilustrasi ibu-ibu menyusui (foto :boston.com)

WHO dan UNICEF selalu mengimbau kepada ibu-ibu bahwa ASI adalah satu-satunya nutrisi terbaik dari makanan bayi untuk perkembangan fisiologis dan mental. Dokter selalu menyarankan bahwa ASI mengandung semua nutrisi penting untuk perkembangan kesehatan dari anak-anak dan antibodi yang membantu melindungi anak-anak dari penyakit umum.

Menurut hasil dari sepuluh tahun bekerja, para peneliti mengidentifikasi dalam ASI terdapat lebih dari 700 jenis bakteri yang berguna dalam makanan bayi dan mengatur usus flora bayi, kata peneliti dari Spanyol dan Finlandia.

Penemuan lain yang diketahui adalah ASI juga dipengaruhi oleh berat badan ibu dan cara persalinan. Ibu yang melahirkan lewat operasi caesar memiliki keragaman bakteri lebih sedikit dibanding yang melahirkan secara normal. Akibatnya, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa perubahan hormonal sangat mempengaruhi kualitas ASI pada seorang wanita, serta stres pada ibu selama caesar.

Penemuan terdahulu pun telah menemukan bahwa persalinan melalui operasi caesar bukan cara terbaik untuk melahirkan, sebab operasi caesar dapat mempengaruhi kesehatan otak bayi. Bayi yang dilahirkan secara normal di dalam otak bayi ditemukan ada protein yang berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak dan para ahli menemukan, bahwa tingkat protein lebih tinggi bila bayi dilahirkan secara normal.

Sekarang para ahli telah mengerti mengenai manfaat dari jenis-jenis bakteri yang terdapat dalam ASI, yaitu sebagai pembentuk kekebalan tubuh bayi. Jika yang terkandung dalam ASI dari bakteri yang telah diidentifikasi oleh studi ini akan menjadi penting untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh, maka penambahannya dalam susu formula mungkin akan menurunkan risiko alergi, asma, dan penyakit autoimun," kata peneliti.

Baca jugaOperasi caesar Mengurangi IQ Anak 

0 comments:

Post a Comment