Tuesday, January 8, 2013

Ilmuan : Usia 39 Tahun Tahap Proses Penuaan

orangtua
ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Fakta semua orang tidak ingin terlihat tua dan itu tak dapat ditolak. Memasuki usia tua, orang-orang mulai melakukan berbagai macam rutinitas seperti terapi hingga bedah pisau untuk mencegah kulit keriput, rambut beruban, menipis dan sebagainya, tapi daya aktivitas mielin mulai menurun berproduksi ketika seseorang memasuki usia 30-an.

Ilmuwan AS telah menghitung usia di mana seseorang mulai memasuki tahap penuaan dan mereka mampu mengidentifikasi puncak kemampuan fisiologis manusia mulai pada usia 39 tahun. 

Menurut para ahli, usia tua datang kepada seseorang ketika otak mulai menurun produksi mielin. Hal ini diketahui bahwa selubung mielin yang menutupi sel-sel saraf neuron, melindungi mereka dari pengaruh berbahaya. Menghentikan produksi mielin menyebabkan melemahnya motor dan fungsi kognitif. Kita juga tahu bahwa kekalahan mielin menyebabkan penyakit mengerikan seperti multiple sclerosis.

Dalam studi ilmuwan melibatkan sukarelawan berusia 23-80 tahun. Subjek di anjurkan untuk melakukan gerakan tertentu, dan ilmuwan membandingkan tingkat latihan, dan jumlah  organisme mielin pada sukarelawan.

Sebagai hasilnya ditemukan bahwa produksi puncak aktivitas mielin manusia terjadi pada usia 39 tahun. Setelah usia ini, otak berhenti memproduksi mielin, suatu zat yang menyebabkan penuaan organisme.

Gaya hidup sehat dan rajin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah penuaan dini.

0 comments:

Post a Comment