Thursday, January 10, 2013

Bumi Akan Dilanda Badai Magnetik Ekstrim 5-10 Kali Tahun 2013

Letusan matahari di tahun 2013

Pada malam tahun baru matahari ikut merayakan tahun baru dengan memuntahkan apinya dua kali seukuran bumi selama 4 jam. Kini ilmuan antariksa dunia telah mengumumkan kembali bahwa aktivitas matahari terus meningkat untuk saat ini cukup aktif dengan ditemukannya berbagai macam aktivitas matahari berupa medan magnet, bintik matahari, angin surya, lontaran massa korona dan letusan di permukaan matahari. Meski begitu, sampai saat ini kondisi permukaan matahari belum mengakibatkan dampak berarti bagi Bumi.  Masih mujur :D

Untuk saat ini sejumlah Badan Antariksa Dunia sudah memperingatkan bahwa pada tahun 2013 dunia kemungkinan bisa terjadi lima hingga sepuluh kali badai magnetik yang sangat kuat dari aktivitas matahari, fakta bahwa tahun lalu ada enam peristiwa tersebut.

Badai mangetik yang bermuatan partikel akan menyebabkan gangguan geomagnetik. Jika badai ini mencapai kekuatan besar, dapat menyebabkan kerusakan dalam peralatan elektronik, gangguan radio dan jaringan listrik serta gangguan kesehatan manusia. Namun para ilmuwan masih belum dapat menjelaskan dengan tepat sifat dampak tersebut. Tidak diketahui bagaimana menetralisir atau mengurangi dampak dari badai magnetik.

Menurut badan antariksa Rusia kemungkinan badai magnetik ini masuk dalam kategori yang lebih tinggi (ekstrim) diproyeksikan sekitar 25%. Konsekuensi dari badai magnetik akan sangat terasa terutama bagi orang yang menderita penyakit jantung, tekanan darah dan sakit kepala meningkat.

Aktivitas matahari tahun 2012 adalah sebanding di tahun 1998-1999 dan 2004-2005, 2007-2010. Namun kini untuk tahun 2013 ini kemungkinan badai matahari akan sangat ekstrim. 

Tampaknya sekarang matahari sudah malas bersahabat dengan bumi akibat ulah manusia yang rajin menebang pohon dan pada akhirnya kelak matahari akan memuntahkan apinya hingga ke Bumi. Kiamat, wasalam :D

Baca juga : Ternyata Di Malam Tahun Baru Matahari Meletus Selama 4 Jam

0 comments:

Post a Comment