Saturday, January 12, 2013

Astronom Telah Menemukan Sebuah Planet Identik Dengan Bumi

planet
Ilustrasi Planet I Foto: NASA

Ilmuwan ruang angkasa selama beberapa dekade, bekerja keras untuk menemukan planet yang cocok untuk kehidupan dan perkembangan peradaban manusia. Penemuan mereka akan menjadi peristiwa penting bagi waktu pembangunan manusia. Astrobiologoam bahkan telah membentuk teori yang disebut "zona layak huni." Dalam zona ini meliputi planet-planet dan bintang yang berada dalam jarak tertentu dengan bumi, memiliki perubahan yang menguntungkan dalam suhu, udara, ketersediaan air, radiasi, dan banyak  kriteria lainnya kemungkinan asal-usul dan terjadinya kehidupan.

Planethunters.org salahsatu proyek berburu planet layak huni yang melibatkan ribuan orang dari berbagai profesi dan pekerjaan. Insinyur, polisi, guru, pensiunan, mahasiswa dan para siswa untuk mengeker kecerahan kurva bintang di layar monitor dan mereka terlibat dalam pekerjaan penting. 

Grand opening dilakukan pekan ini, para ilmuwan yang bekerja pada studi kosmos melalui teleskop "Kepler". Menurut para astronom, mereka telah menemukan salahsatu planet mirip bumi.

Seperti yang dijelaskan oleh para ilmuwan mereka telah menemukan 461 planet, mengklaim di sana kemungkinan ada asal usul kehidupan, tetapi hanya salah satu dari mereka adalah identik dengan Bumi. Planet ini memiliki nama kode KOI-172, 02, dan terletak di "zona layak huni" dari bintang dari jenis yang sama seperti yang dari matahari kita. Secara teoritis, para astronom mengatakan, dunia tidak ada air dalam bentuk cair. Planet ini sedikit lebih dekat ke bintang dari Bumi, tetapi bintang ini lebih dingin di permukaan dan menciptakan suhu yang mendekati bumi.

Sementara para ilmuwan belum mengkonfirmasi keberadaan ratusan calon planet lain, namun mereka meyakini bahwa dengan probabilitas 90%, planet-planet ini memang ada yang layak untuk dihuni.

Banyak ilmuan pesimis dengan penemuan planet layak huni, secara teoritis pun sangat sulit untuk migrasi ke planet tersebut dan itu bukan perkara mudah. Mari bermimpi. :D

0 comments:

Post a Comment