Thursday, December 13, 2012

Hidup Tanpa Gadget Menumbuhkan Kreativitas

ponsel htc seri kupu-kupu
HTC Butterfly
Para ilmuwan dari University of Utah telah menemukan bahwa jika menghabiskan beberapa waktu di luar rumah jauh dari segala macam gadget, secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan intelektual manusia. Klaim sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science.

Pertama kalinya bahwa para peneliti telah mampu menghubungkan keterampilan mental untuk tinggal di luar. Fakta bahwa pengguna ponsel pintar dan gadget lainnya beresiko permanen membunuh kreativitas. Semua karena fakta bahwa gadget modern mengganggu korteks prefrontal, yang bertanggung jawab untuk mengalihkan perhatian. Akibatnya, orang yang tidak biasa di alam, mulai datang dengan gambaran baru dan ide-ide dari buruk menjadi lebih buruk. 

"Penelitian menunjukkan bahwa kadang-kadang Anda harus meninggalkan iPhone dan perangkat teknologi lainnya dan memberikan otak Anda istirahat," kata David Shtraer, seorang profesor psikologi di University of Utah.

Dalam studi tersebut, 24 orang dewasa Amerika melanjutkan perjalanan lima hari tanpa membawa perangkat gadget. Sebanyak 32 orang menjalani kehidupan normal mereka.

Setelah kembali dari perjalanan, ilmuan menguji kreatifitas para relawan yang terdiri dari dua kelompok. Ditemukan bahwa peserta tanpa gagdet kapasitas mental mereka rata-rata naik 6,08 poin pada skala sepuluh poin, sedangkan kelompok kedua hanya 4,14 poin.

Para peneliti menekankan bahwa waktu yang dihabiskan di taman atau hutan jauh dari gadget membantu orang sembuhkan otak.

0 comments:

Post a Comment