Sunday, December 23, 2012

Jaringan Sosial Pemicu Obesitas dan Meningkatkan Harga Diri

Sekarang orang-orang lebih banyak menghabiskan banyak waktu di jaringan sosial, ilmuan percaya setidaknya itu dapat meningkatkan harga diri, tetapi juga dapat menjadi pemicu kehilangan kontrol diri mereka, sehingga hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Dengan demikian, akar kejahatan bukanlah gaya hidup. Kesimpulan ini yang dibuat oleh para ilmuwan di University Columbia dan University of Pittsburgh.

Para ilmuwan melakukan percobaan pada lima perilaku pengguna Facebook, untuk melihat bagaimana komunikasi dalam jaringan mempengaruhi mereka. Para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan jaringan sosial untuk berkomunikasi dengan teman-teman lebih percaya diri, minum dan ngobrol disertai dengan camilan. Selain itu, terungkap bahwa pengguna memiliki utang kartu kredit yang lebih tinggi.

Orang-orang ini, menurut ilmuan, jago bercerita tentang keinginan spontan. Selain itu, mereka berpikir bahwa mereka tampak hebat, merasa keren dengan memasang foto terbaru dan rajin berkomentar di status teman-teman mereka. Namun mereka akan kecewa bila ada komentar bersifat negatif, hal ini justru dapat melemahkan pikiran mereka dan berakibat fatal yang dapat membahayakan diri mereka di masa depan.

Kini Facebook telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, satu dari tujuh orang di planet ini berpotensi dalam bahaya obesitas, alkoholisme dan kebangkrutan.

0 comments:

Post a Comment