Friday, December 21, 2012

Gigitan Piranha Berlaku 30 Kali Berat Badannya

ikan piranha
Ikan Piranha
Piranha yang hidup di perairan Amazon dan sungai-sungai lainnya dari Amerika Selatan, yang dianggap sebagai ikan yang paling agresif di dunia. Mereka tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menyerang hewan atau burung.

Para ilmuwan menemukan bahwa fitur struktural dari rahang piranha memungkinkan mereka untuk menempatkan gigitan yang sangat kuat, yang berlaku pada 30 kali berat badan mereka.

Fitur ini karena bentuk khusus dari rahang ikan, serta tahan terhadap kerusakan gigi dan otot yang kuat.

Tim yang dipimpin oleh ahli biologi Justin Grubisha dari Universitas Kairo menghitung kekuatan gigitan piranha hitam dan nenek moyang raksasa mereka, yaitu Megapiranha paranensis.

Para ilmuwan menyelidiki bentuk gigi yang tidak biasa bergerigi untuk piranha modern dan kerabat prasejarah mereka, menunjukkan adaptasi mereka sangat tinggi untuk memotong jaringan lunak

Ternyata bahwa piranha hitam menggigit lebih kuat daripada ikan normal berat yang sama. Menurut perhitungan para ahli biologi, gigitan maksimum kekuatan Serrasalmus rhombeus mendekati 320 Newton. Bite kekuatan 1 Newton sesuai dengan tekanan, yang akan membuat berat badan seberat 100 gram pada tubuh korban.

Menurut para peneliti, kekuatan gigitan buaya massa sebanding akan menjadi tiga kali lebih rendah, yang membuat piranha yang paling "kuat menggigit" di Bumi.

Para ilmuwan mencatat bahwa gigitan piranha biasa kuat karena bentuk tertentu dari rahang bawah dan menghasilkan otot, kuat bersatu dalam semacam lengan biologis.

Menurut para peneliti, percobaan dengan gips dari megapirani gigi fosil menunjukkan bahwa hal itu dapat dengan mudah menggigit melalui sisik ikan "lapis baja" dan menggigit sepotong inci tulang sapi.

Dengan demikian, Grubishu dan rekan-rekannya berhasil membuktikan bahwa piranha benar-benar "juara" untuk kekuatan gigitan vertebrata modern.

(sumber artikel : korrespondent.net)

0 comments:

Post a Comment