Friday, December 14, 2012

Orang Obesitas Lebih Cepat Meninggal Daripada Orang Kelaparan

Ricky Naputi

Selama 20 tahun terakhir, kehadiran obesitas dan penyakit kronis terkait telah menjadi penyebab kematian lebih umum daripada kelaparan.

Tim ilmuwan dari 50 negara, menyatukan statistik mereka untuk kematian orang dengan obesitas dari tahun 1990-2010, mereka ilmuan membuat kesimpulan yang tak terduga. Ternyata bahwa penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas, meninggal tiga kali lebih sering daripada karena kelaparan. Obesitas menjadi begitu luas, bahwa dokter tidak bisa menyembunyikan kekhawatiran: bagaimana menjelaskan kepada orang-orang dengan kebutuhan untuk menahan diri dari makan?

Para ahli khawatir jika beberapa dekade yang lalu, masalah utama di dunia dianggap kekurangan makanan, tapi sekarang kebanyakan orang tidak hanya makan banyak, tapi kurang berolahraga dan obesitas sebagai faktor dalam kematian, perlahan-lahan bangkit dari posisi ke-6 ke-10, sedangkan malnutrisi yang tersisa ke posisi 8 penyebab peringkat kematian di dunia.

Laporan tersebut mencatat bahwa peningkatan yang mengkhawatirkan dalam tingkat obesitas tercatat di semua negara, kecuali di Afrika, di sana kemiskinan masih merupakan penyebab utama kematian di kalangan anak-anak dan remaja.

Tahukah Anda bahwa obesitas ikut turut merusak iklim bumi. Ilmuan telah menghitung berat total populasi dunia. Peningkatan prevalensi obesitas di dunia mengancam lingkungan Bumi. Selain itu, penyakit ini juga dapat mempengaruhi ketahanan pangan global.

Ingat kesehatan, lingkungan dan orang disekitar Anda, bila makan dan makanlah secukupnya karena itu baik buat kesehatan Anda dan jangan pada lupa untuk bersedekah.

0 comments:

Post a Comment