Tuesday, December 4, 2012

Master SEO Pun Harus Menyerah

blog newbie vs blog master
Mesin pencari data di internet setidaknya sangat penting keberadaannya untuk mencari data atau menjawab pertanyaan pengguna internet, dengan mengetikkan kata kunci di mesin pencari seperti google, yahoo dan bing dalam sekejab hasilnya akan diberikan oleh mesin pencari. Hebat sangat mesin pencari tersebut.

Fakta dulu ratusan pengguna internet datang berkunjung ke blog para master melalui perantara mesin pencari dan blogwalking, kini mungkin agaknya harus sedikit pasrah dengan TIPS SEO. Sepandai-pandainya seorang master dengan ilmu SEO yang dimilikinya harus menyerah juga menghadapi perilaku pengguna internet yang berubah-ubah, akibat trend jejaring sosial.

Fakta lagi, sekarang perilaku pengguna internet sedikit berubah derajat dan mereka lebih senang memanfaatkan jejaring sosial dan situs bookmarks sosial untuk refresh mengetahui berita perkembangan dunia, gosip, dan sebagainya. Mengingat kedua situs sosial tersebut lebih interaktif ketimbang mesin pencari.

Saya sering blogwalking untuk mempelajari SEO dan menemukan blog para master yang rajin kupas tuntas SEO, saya tak tahu mereka malas atau memang ego untuk bergabung dengan kanal blog sosial berita nasional, namun sekarang mulai terlihat satu persatu blog para master harus menerima pil pahit, mereka kala bersaing di mesin pencari VS bookmarks sosial.
Sekarang pun satu persatu para master yang rajin kupas tuntas SEO, sudah mulai bergabung dengan situs sosial kanal berita log viva dan lainnya. Hebat ya si viva harus menekuk para master SEO untuk bergabung. :D

Kesimpulannya untuk tetap eksis di internet :
  1. Jangan terlalu berharap nomor satu di mesin pencari. Fakta terbalik, blog newbie atau amatiran di mesin pencari nol peringkat tapi di situs bookmark sosial rangking satu alias banyak pengunjungnya.
  2. Sebaiknya selalu menulis informasi yang selalu bermanfaat untuk pengguna internet
  3. Jangan ego untuk bergabung disitus bookmarks sosial seperti http://log.viva.co.id punya si viva.co.id dan lainnya,
  4. Konten adalah raja.
  5. Tips SEO memang wajib di pelajari juga tapi jangan dipaksakan, tapi kembali ke poin 1, 2 dan 4. itu lebih penting untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda.
Lebih dan kurangnya atau menyinggung atas dimuatnya tulisan ini mohon dimaafkan, tapi ambil hikmahnya dan stop bersaing di internet, tapi selalu mengedepankan memberi informasi yang bermanfaat bagi pengguna internet bukan nomor satu di mesin pencari. Setuju kagak. Jadilah juara di dunia nyata.

0 comments:

Post a Comment