Saturday, December 22, 2012

Di Sungai Mekong Ditemukan Lele Merangkak


Ikan Lele yang dapat merangkak di tanah I foto : wwf.org

Sungai Mekong, sungai yang mengalir melalui Cina, Laos, Thailand dan Vietnam, merupakan sungai terpanjang di benua India (4500 km).

Kini di wilayah Mekong di Asia Tenggara, ahli biologi berhasil mengidentifikasi 126 spesies hewan dan tumbuhan baru dalam satu tahun. 5 mamalia, 5 amfibi, 13 ikan, 21 reptil, dan 82 spesies tanaman yang ditemukan di wilayah perbatasan Asia Tenggara, di laporkan oleh konservasi organisasi WWF.

Itu termasuk spesies yang tidak biasa seperti kelelawar, yang hidup di hutan tropis Vietnam, ikan lele yang bisa merangkak di tanah, katak kecil di pohon, yang jantan sering bernyanyi untuk menarik betina seperti burung bernyanyi, ular berkaki dan kadal berkaki 2.

ular berkaki
Ular berkaki : I foto : wwf.org

Habitat spesies ini dan lainnya di Sungai Mekong di Thailand, Kamboja dan Vietnam habitatnya mulai terancam akibat pembangunan jalan, bendungan, dan kota dengan pertumbuhan tercepat. Sudah 70% spesies mamalia yang ditemukan hanya di daerah-daerah yang tercantum dalam Buku Merah spesies terancam punah. Ini hewan seperti harimau Indocina dan gajah Asia.

Laporan dari WWF, kelima sejak tahun 1999, mengatakan bahwa total lebih dari 1600 ditemukan spesies baru tanaman dan hewan di wilayah Mekong.

0 comments:

Post a Comment