Tuesday, December 4, 2012

Astronot China Akan Bertani Sayuran di Mars

Astronot-astronot China sedang bersiap-siap menjadi petani di Mars dan Bulan. Para antariksawan asal negeri Panda itu dilaporkan telah merampungkan uji coba awal di Beijing dan siap untuk menanam empat jenis sayuran dalam misi mereka ke planet tetangga itu kelak.


Seperti yang dilaporkan Xinhua, para antariksawan China itu telah terlatih menanam empat jenis sayuran dalam "sistem pendukung kehidupan ekologis" - sebuah kabin berukuran 300 meter kubik yang menjadi tempat para astronot bertani demi mengumpulkan udara, air, dan makanan - dalam petualangan mereka di antariksa.

Sistem yang bergantung pada tumbuhan dan alga itu diharapkan bisa digunakan di pangkalan antariksa China di Bulan atau di Mars. Para antariksawan yang terlibat eksperimen itu, kata Deng Yibing, peneliti dari Pusat Riset dan Pelatihan Antariksawan China di Beijing, diharapkan bisa "memanen buah-buahan segara sebagai bahan makanan".

"Antariksawan-antariksawan China bisa memetik sayuran segar dan pasokan oksigen dengan bertani di pangkalan luar angkasa di masa depan," jelas laporan itu.

China sebelumnya mengatakan akan mendaratkan wahana penelitian tanpa awak di Bulan pada tahun depan. Dalam jangka panjang negara itu akan mendaratkan para antariksawannya di bulan. [sumber]

0 comments:

Post a Comment