Monday, April 29, 2013

Ditemukan Kota Heracleion Mirip Peradaban Atlantis

Ilustrasi kota Heracleion I foto Daily Mail

Heracleion adalah kota yang hilang antara legenda dan kenyataan. Sebelum penemuan pada tahun 2000 oleh arkeolog, tidak menemukan jejak kota heraclion. Namanya hampir terlupakan dari memori manusia, hanya terdapat dalam teks-teks klasik kuno dan prasasti langka yang ditemukan di darat oleh para arkeolog.

Dikutip dari kompas.com, kini jejak peradaban kota yang telah tenggelam selama 1.200 tahun mulai diungkap. Sejumlah peninggalan arkeologis mulai dari kapal, patung, hingga koin ditemukan.

Kota yang tenggelam tersebut bernama Heracleion. Kota itu merupakan salah satu pusat perdagangan di wilayah tengah Mediterania sebelum akhirnya tenggelam. Kota berada di wilayah Bay of Aboukir, Mesir.

Heracleion ditemukan pada tahun 2000 Penggalian yang dilakukan selama bertahun-tahun mengungkap kehidupan kota tersebut.

Bulan lalu, para arkeolog bertemu di Universitas Oxford untuk membicarakan berbagai macam penemuan terkait Heracleion. Bagi para ilmuwan, menemukan jejak peradaban Heracleion seperti menemukan peradaban Atlantis yang kini masih teori.

Sejumlah jejak peradaban yang telah ditemukan di antaranya 64 kapal tua yang terpendam di dalam lumpur. Selain itu, ditemukan pula koin emas dan pemberat perunggu, bukti adanya perdagangan.

Patung dewa  dan prasasti

Patung raksasa setinggi 4 meter juga ditemukan dan berhasil diangkat. Sementara ilmuwan juga berhasil menemukan patung-patung lain yang lebih kecil. Ada pula sejumlah prasasti dari masa Mesir dan Yunani Kuno.

Kota kuno ini merupakan kesaksian yang mengesankan dengan intensitas aktivitas maritim di sini.

Baca lanjut tentang Jejak Peradaban Kota yang Tenggelam 1.200 Tahun Terungkap di kompas

0 comments:

Post a Comment