Sunday, January 2, 2011

Rahasia Planet - Planet Yang Terkunci


Tata surya seperti sebuah kotak mainan. Ketika dinyalakan, klik.. Delapan bola planet mengelilingi bintang matahari. Tidak ada satupun planet yang meninggalkan matahari.
Tata surya terdiri dari satu bintang yang bernama matahari. Matahari dikelilingi delapan planet yaitu merkurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus dan neptunus. Kedelapan planet ini selalu mengelilingi matahari di jalan satu lintasan yang sama. Hmm.. tahu kan jalan atau lintasan yang dilalui planet? yang jelas bukan lintas berita,he2.. Lintasan itu disebut orbit.
Planet - planet tidak pernah bosan berjalan melalui orbitnya masing - masing, planet - planet seperti terkunci. Planet berjalan sepanjang orbit semenjak 4,6 miliar tahun yang lalu!
Kenapa planet - planet itu seperti terkunci?


Awalnya tata surya berupa gas dan debu. Awan - awan itu melayang dan bergerak tenang. Ada gas hidrogen, helium, nitrogen, air, karbon, besi dan lain- lain.
Sekitar 5 miliar tahun yang lalu terjadi ledakan bintang di dekat awan gas tersebut dan mengenai gas dan debu tadi. Awan gas menjadi bergerak cepat dan saling bertabrakan. Awan gas itu menggumpal menjadi bola raksasa. Bola gas terbesar bernama matahari. Sstt.. didalam bola gas matahari, gas tetap saling bertabrakan lho! Tabrakan ini menghasilkan energi panas, lama kelamaan energi itu semakin membesar dan membesar. Akhirnya lahirlah matahari yang yang memancarkan energi berupa cahaya dan panas.


Ternyata sampai sekarang matahari suka menelan gas dan debu yang tersisa disekitarnya. Ilmuan menyebutnya sifat ini sebagai gaya tarik atau gaya gravitasi matahari.
Gas dan debu apa yang dapat ditelan matahari? semua gas dan debu yang berjalan lambat disekitar matahari.


Wah.. gas dan debu harus berjalan cepat agar tidak tertelan atau tersedot matahari. Semakin dekat dengan matahari planet berjalan super cepat, semakin jauh dengan matahari planet boleh - boleh saja berjalan lambat..
Eh, gas dan debu juga menggumpal saat mengitari matahari lho! gas dan debu menggumpal jadi bola padat, bola padat itu disebut planet. Sejak itu lahirlah 8 planet (pluto sudah tidak dianggap sebagai planet karena massanya yang terlalu kecil).
Sekarang tahu kan kenapa planet - planet itu terkunci pada matahari? Benar sekali, karena terikat pada gravitasi matahari..
Trus kenapa planet - planet tersebut tidak tersedot atau tertarik gravitasi matahari termasuk bumi ini, yup.. Karena planet - planet bergerak..
Sekarang bayangkan kalau planet bumi ini mengurangi kecepatan bergeraknya atau sama sekali tidak bergerak..?? Hii..

0 comments:

Post a Comment