Monday, January 10, 2011

Otak Manusia Berevolusi Semakin Kecil


Selama 20.000 tahun terakhir, rata-rata volume otak manusia telah menurun dari 1.500 sentimeter kubik menjadi 1.350 sentimeter kubik. Menyusut seperti sepotong ukuran bola tenis," tulis Kathleen McAuliffe dalam majalah Discover, yang dikutip Dailymail.

Kendati otak mengalami penurunan bukan berarti akan berdampak juga terhadap berkurangnya kecerdasan manusia. Pasalnya menurut Dr John Hawks, seorang anthropologist dari University of Wisconsin, menyebutkan tiada hubungannya otak dengan kapasitas kecerdasan.

Beberapa ahli juga setuju dengan diagnosis ini bahwa otak kita mungkin telah menjadi lebih kecil ukurannya, tetapi semakin efisien. Tetapi yang lain percaya bahwa manusia memang terus menjadi lebih bodoh karena ia telah berevolusi.

Beberapa teori telah dikemukakan untuk menjelaskan misteri otak menyusut. Salah satunya adalah bahwa kepala besar yang diperlukan untuk bertahan hidup yang pada masa itu cuaca sangat dingin, dan penuh kegiatan di luar ruangan.

Teori kedua menjelaskan, perkembangan tengkorak kepala terjadi seiring dengan sulitnya mendapatkan penganan, seperti kelinci, rusa, rubah, dan kuda. Belakangan bahan makanan ini mudah didapat, sehingga pertumbuhan kepala terhenti.

Ahli lain mengaitkan hal itu dengan tingkat kematian bayi yang tinggi pada masa lalu. Bayi yang bertahan hidup cenderung memiliki kepala besar. Seiring dengan kemajuan pengobatan, angka kematian bayi menurun secara bertahap yang diikuti dengan penurunan secara proporsional ukuran otak manusia.

0 comments:

Post a Comment