Saturday, July 13, 2013

Polusi Udara Picu Kematian Sekitar 2 Juta Orang Pertahun

polusi-udara
Ilustrasi cerobong asap dari industri I foto online

Lebih dari dua juta kematian terjadi di seluruh dunia setiap tahun secara langsung berkaitan dengan polusi udara, yang terjadi sebagai akibat dari aktivitas manusia. Temuan tersebut diterbitkan oleh para ilmuwan dari Amerika Serikat, menurut majalah Environmental Research Letters.

Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 2,1 juta kematian terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh peningkatan volume partikel halus di udara yang dapat menembus jauh ke dalam paru-paru manusia, menyebabkan kanker dan penyakit pernapasan.  Bahkan terdapat sekitar 500.000 kematian terjadi karena kerusakan lapisan ozon dan konsentrasi ozon di troposfer yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan asma.

"Perkiraan kami menempatkan polusi udara di beberapa risiko kesehatan yang paling serius Sebagian besar kematian bagi negara-negara Asia Timur dan Selatan, di mana populasi besar dan emisi tinggi,." - Kata rekan penulis Tenaga Kerja, Jason West dari University of North Carolina.

Pada saat yang sama, para ilmuwan menyebut dampak kecil dari perubahan iklim yang telah terjadi sebagai akibat dari pembangunan industri pemicu kematian.

0 comments:

Post a Comment